Potensi kampung wisata Kota Yogyakarta perlu dikembangkan

id kampung wisata

Potensi kampung wisata Kota Yogyakarta perlu dikembangkan

Kesenian "Jatilan", salah satu daya tarik Kampung Wisata (Dok. ANTARA)

"Selama ini kampung wisata di Kota Yogyakarta sudah menjadi daya tarik baru bagi wisatawan"

Jogja (ANTARA Jogja) - Seorang praktisi pariwisata menilai potensi kampung wisata di Kota Yogyakarta perlu dikembangkan untuk memberikan pilihan bagi wisatawan.

"Jumlah kampung wisata di Kota Yogaykarta saat ini terus bertambah. Dengan semakin banyaknya kampung wisata, diharapkan akan memberikan banyak tawaran yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih, di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, perlu campur tangan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mengembangkan kampung wisata di kota ini. "Apalagi, potensi yang dimiliki kampung wisata di Kota Yogyakarta tidak terbatas pada bangunan `heritage` dan wisata budaya lokal, namun juga kekuatan ekonomi kreatif lainnya yang bisa mendukung, misalnya produk kerajinan," katanya.

Ia mengatakan kampung wisata memiliki keunikan yang ditawarkan dan sangat beragam, selain kekayaan "heritage", sentra kerajinan batik, dan asesoris, juga seni tradisi lokal yang masih terpelihara dengan baik.

Sejumlah kampung wisata di Kota Yogyakarta di antaranya Kampung Dipowinatan, Kampung Cokrodirjan, Kampung Purbayan, Kotagede, Kampung Kotagede, Patangpuluhan, dan sebagainya.

"Selama ini kampung wisata di kota ini sudah menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. Keunikan yang ditawarkan kampung wisata itu juga terus bertambah," kata Widi yang yayasannya bergerak dalam bidang pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal.(H008)