Hiswana harapkan SPBU jaga kuota BBM bersubsidi

id SPBU

Hiswana harapkan SPBU  jaga kuota BBM bersubsidi

SPBU (Foto Antara/doc)

Bantul (Antara Jogja) - Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Daerah Istimewa Yogyakarta mengharapkan kalangan pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum di wilayah ini menjaga kuota bahan bakar minyak bersubsidi yang diberikan PT Pertamina.

"Saya harapkan teman-teman SPBU menjaga kuota BBM bersubsidi, dan ikut melakukan kontrol terhadap penjualan BBM," kata perwakilan dari Hiswana Migas DIY Yoyok di sela rapat koordinasi bersama Pertamina, dan pengusana SPBU di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupatan Bantul, Rabu.

Menurut dia, permintaan tersebut disampaikan menyusul adanya keresahan di masyarakat akibat pembatasan BBM bersubsidi dari pemerintah pusat sehingga menimbulkan antrean panjang untuk pembelian premium di SPBU karena masyarakat khawatir tidak kebagian jatah.

Namun demikian, kata dia meskipun pada akhirnya kebijakan dari pemerintah pusat tersebut dibatalkan maka mulai Rabu (27/8) dini hari pasokan BBM bersubsidi ke semua SPBU kembali normal, namun dampak atau antrean panjang masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

"SPBU agar `nderek` (mengikuti) kebijakan pemerintah dan Pertamina, sehingga harapannya ikut peran aktif untuk mengatasi kekhawatiran di masyarakat, dan jangan sampai melayani pembelian tanpa batas, terutama kepada pengecer," katanya.

Terkait pelayanan kepada pengecer dengan berbekal surat rekomendasi, pihaknya meminta SPBU melakukan pengetatan pengawasan serta memantau agar tidak melayani lebih dari satu kali kepada pengecer BBM, mengingat rekomendasi diberikan hanya untuk pembelian sekali.

"Karena operasional SPBU melalui sistem `shift`, maka petugas mengusahakan meletakkan buku kontrol di SPBU, agar meskipun ganti `shift` petugas bisa tahu, misalnya pagi sudah beli, maka siang dan malam tidak boleh beli lagi sehingga rekomendasi 20 liter per hari lebih terkontrol," katanya.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop Bantul, Sulistyanto mengatakan, karena dampak pembatasan BBM bersubsidi (yang sudah dibatalkan) yakni antrean kendaraan di SPBU masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan, pihaknya mengharapkan SPBU bisa mengupayakan melakukan pemerataan kepada konsumen.

"Saya berharap ketika terjadi antrean panjang di SPBU, pelayanan jangan sampai terpotong di tengah jalan, atau diharapkan ada pemerataan, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena imbas ini masih akan terjadi dua sampai tiga hari lagi," katannya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024