Kodim kenalkan cinta Tanah Air ke pelajar

id TNI

Kodim kenalkan cinta Tanah Air ke pelajar

ilustrasi (Foto ANTARA)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Kodim 0734 Yogyakarta bersama salah satu pelaku usaha perhotelan di Yogyakarta mengenalkan wawasan cinta tanah air kepada ratusan pelajar SD Pangudi Luhur Yogyakarta melalui berbagai kegiatan menarik.

"Dalam kegiatan ini, kami menampilkan sejumlah senjata yang dimiliki serta postur prajurit yang ada di kesatuan. Harapannya, siswa bisa melihat kekuatan yang dimiliki TNI sehingga menimbulkan rasa bangga dan cinta kepada tanah air," kata Komandan Kodim 0734 Yogyakarta Letkol (Inf) Renal A Sinaga di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, rasa cinta kepada tanah air perlu ditanamkan sejak dini agar generasi penerus bangsa bisa terus memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negeranya di masa yang akan datang.

"Dengan rasa cinta, generasi muda ini pasti akan selalu memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negaranya. Dengan demikian, Indonesia pasti akan lebih kuat," katanya.

Penanaman rasa cinta tanah air, lanjut Renal, akan semakin kuat jika disertai dengan pembekalan sejarah kebangsaan dan kisah-kisah kepahlawanan kepada generasi muda.

Renal menambahkan, kegiatan pengenalan cinta tanah air tersebut perlu terus dilakukan secara rutin di sekolah-sekolah agar seluruh siswa memiliki inspirasi untuk berbuat yang terbaik kepada bangsa dan negaranya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Pangudi Luhur Yogyakarta Bruder Teguh mengatakan, selain menanamkan rasa cinta tanah air, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk mendekatkan sosok prajurit kepada siswa.

"Selama ini, siswa masih ada yang melihat bahwa sosok prajurit atau tentara itu adalah sosok yang menyeramkan dan menakutkan. Hal itu terjadi karena mereka belum mengenalnya," katanya.

Ia pun berharap, siswa di sekolah tersebut juga mengenal profesi tentara atau polisi sebagai profesi yang bisa menjadi pilihan siswa saat mereka sudah dewasa.

Selama ini, lanjut dia, pengenalan rasa cinta tanah air sudah dilakukan pihak sekolah dengan mengenalkan tanggung jawab siswa atas tugasnya masing-masing.

"Kami ingin tumbuhkan kesadaran, bukan paksaan. Minimal, mereka bertanggung jawab untuk disiplin belajar. Di sekolah pun, siswa sudah mengerti untuk tidak membuang sampah sembarangan atau menginjak tanaman di taman," katanya.

Sedangkan General Manager Ibis Styles Yogyakarta A. Retnowati mengatakan, kegiatan pengenalan rasa cinta tanah air tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan.

"Jangan sampai peringatan Hari Pahlawan itu lewat begitu saja, tetapi generasi muda bisa memaknainya dengan lebih baik," katanya.
(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024