Masyarakat Ngesong Kulon Progo kelola Waduk Kleco

id waduk

Masyarakat Ngesong Kulon Progo kelola Waduk Kleco

ilustrasi (mpkd.ugm.ac.id)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Masyarakat Ngesong di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengelola objek wisata baru Embung Kleco atau Waduk Mini Kleco dengan menawarkan keindahan alam di atas Perbukitan Menoreh.

"Embung Kleco resmi dibuka satu tahun lalu. Setiap akhir pekan dan libur nasional, Embung Kleco dipadati pengunjung," kata salah satu pengelola dari Karangtaruna Ngesong Kasiran di Kulon Progo, Rabu.

Untuk mencapai lokasi itu, akses jalannya cukup mudah. Ketika sampai di Kecamatan Girimulyo, wisatawan tinggal lurus dan belok ke kiri melewati depan Kantor Polsek Girimulyo. Hanya sekitar dua kilometer menyusuri perbukitan tersebut, wisatawan akan sampai tujuan. Apalagi ada papan penunjuk arah ketika akan masuk di kawasan itu.

Ketika tiba, pengunjung akan disajikan dengan hamparan pemandangan alam yang cukup indah dari atas perbukitan. Saat cuaca cerah, pengunjung juga bisa melihat suasana Kota Wates dan sekitarnya dari atas maupun di sisi timur bisa melihat Kota Yogyakarta. Suasana akan semakin indah ketika menjelang petang seiring lampu-lampu yang mulai menyala dan berkelip dari kejauhan.

Kasiran mengatakan pada hari-hari biasa, pengunjung yang datang sekitar 100 orang, sedangkan pada liburan biasanya meningkat hingga dua atau tiga kali lipat.

Ia mengatakan pengunjung tidak dikenai retribusi tiket masuk. Mereka cukup membayar biaya parkir kendaraan. Hanya saja untuk sampai lokasi butuh kewaspadaan karena jalan "corblok" hanya cukup untuk mobil.

"Kami belum menarik retribusi bagi pengunjung. Saat ini, kami masih fokus pembangunan infrastruktur pendukung, seperti jalan, pohon perindang dan sarana bermain," kata Kasiran.

Selain di Embung Kleco, wisatawan juga bisa menuju beberapa objek wisata lainnya di kawasan Girimulyo, antara lain Gua Kiskendo, Gua Sumitro, hingga Curug Setawing, Grojogan Sewu, Kedung Pedut, dan beberapa objek wisata yang baru dikembangkan masyarakat.

KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024