SPBU jalur wisata Bantul buka 24 jam

id SPBU

SPBU jalur wisata Bantul buka 24 jam

SPBU (Foto dokumen Antara)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di jalur wisata buka 24 jam selama libur Lebaran 2015.

"Kami akan koordinasi dengan teman-teman (pengelola) SPBU termasuk minta kesiapan mereka supaya SPBU yang ada di jalur wisata buka selama 24 jam," kata Kepala Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Bantul, Sulistyanto di Bantul, Senin.

Menurut dia, permintaan SPBU di jalur wisata agar buka selama 24 jam supaya kendaraan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Bantul mudah memperoleh bahan bakar minyak (BBM) mengingat selama libur Lebaran permintaan BBM meningkat.

Ia mengatakan, beberapa SPBU di wilayah Bantul yang terdapat di jalur wisata di antaranya di sepanjang Jalan Parangtritis, kemudian di Jalan Srandakan menuju objek wisata pantai Bantul sisi barat.

"Selain di jalur wisata, SPBU di jalur mudik kami harap juga membuka selama 24 jam. Kami juga menyiagakan piket 24 jam untuk memantau kondisi, misalnya ada kekurangan," katanya.

Sulistyanto mengatakan, kuota BBM bersubsidi jenis solar untuk Bantul pada 2015 mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya (2014) yakni dari 28 ribu kiloliter menjadi sekitar 34 ribu kiloliter.

Namun demikian, kata dia, untuk BBM jenis premium maupun pertamax tidak ada kuota, namun disiapkan dengan jumlah tidak terbatas, mengingat jenis BBM ini sudah tidak mendapat subsidi.

Saat ini, kata dia, pihaknya sedang mengumpulkan data serapan konsumsi BBM bersubsidi dari SPBU-SPBU di Bantul, untuk mengetahui berapa serapan dan sisa dari jatah yang belum dialokasikan ke SPBU.

"Termasuk nanti akan ada alokasi khusus untuk Ramadhan dan Lebaran serta mudik berapa, ini yang perlu kami atur bersama, makanya kami minta masukan dulu dari SPBU-SPBU," katanya.

(KR-HRI)