Kulon Progo targetkan kunjungan wisata 398.860 orang

id waduk

Kulon Progo targetkan kunjungan wisata 398.860 orang

Kawasan objek wisata Waduk Sermo di Kulon Progo (mpkd.ugm.ac.id)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan kunjungan wisatawan 2015 sebanyak 398.860 orang dan 2016 mencapai 417.120 orang untuk objek wisata yang menggunakan retribusi.

"Kami akan melakukan evaluasi berkala untuk pencapaian target yang telah ditetapkan," kata Wakil Bupati Sutedjo di Kulon Progo, Kamis.

Ia mengatakan pemkab berupaya meningkatkan sarana dan prasarana pendukung objek wisata dan infrastruktur jalan untuk memperbaiki kunjungan wisatawan.

Selain itu, pemkab mempromosikan objek wisata yang ada di Kulon Progo melalui berbagai kegiatan dan media secara intens, serta menyelenggarakan kegiatan dan atraksi wisata yang menarik di objek wisata.

"Langkah yang sudah kami lakukan untuk pemasaran pariwisata yakni mengikuti agenda promosi pariwisata di dalam daerah maupun luar daerah seperti travel dialog dan farm trip," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan seiring berkembangnya objek wisata dan desa wisata di Kulon Progo, pemkab berupaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Harapnnya, masyarakat bisa masuk dalam industri pariwisata.

"Sejauh ini, pemkab melakukan pembinaan dan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang pariwisata," katanya.

Anggota DPRD Kulon Progo dari Fraksi PKS Ajrudin Akabar mengatakan pemkab harus membangun infrastruktur jalan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

Selala ini, menurut dia, infrastruktur jalan menuju objek wisata masih jauh dari harapan. Misalnya, jalan menuju objek wisata Kalibiru dan objek wisata di Kawasan Bukit Menoreh.

"Keindahan objek wisata tidak akan menjadi daya tarik wisatawan, bila tidak diimbangi infrastruktur jalan," kata dia.

KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024