BKP Yogyakarta gandeng petani difungsikan sebagai penyuluh

id penyuluh

BKP Yogyakarta gandeng petani difungsikan sebagai penyuluh

Ilustrasi (Foto setkab.go.id)

Sleman (Antara Jogja) - Badan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta berencana menggandeng pelaku tangguh yakni para petani swadaya sebagai tenaga penyuluh pertanian guna mengatasi terbatasnya penyuluh pegawai negeri sipil.

Kepala Bidang Koordinasi Penyuluhan dari Badan Ketahanan Pangan DIY Barudin, di Yogyakarta Sabtu, mengatakan pemerintah mempunyai program untuk gandeng pelaku tangguh yaitu petani swadaya.

"Kami akan ajak petani swadaya agar jadi pelaku pertanian tangguh untuk menjadi penyuluh pertanian," katanya.

Menurut dia, menjelang pergantian musim, petani sebentar lagi akan dihadapkan dengan sejumlah persoalan rutin soal ketersediaan benih padi yang unggul juga kebutuhan pupuk.

"Terkait masalah pertanian ini, hadirnya penyuluh pertanian lapangan (PPL) swadaya strategis guna memastikan proses pertanian berjalan baik," katanya.

Ia mengatakan, hadirnya kelompok penyuluh lapangan swadaya bagi kabupaten Sleman sangat strategis sebenarnya. Termasuk mengarahkan pola tanam petani sesuai dengan musim tanamnya.

"Pemerintah jelas berkepentingan memfasilitasi petani swadaya agar punya pengaruh untuk meningkatkan usaha tani," katanya.

Menanggapi adanya keluhan petani soal aneka bantuan dari pusat yang belum bisa sepenuhnya terakses oleh kelompok tani, calon Bupati Sleman nomor urut 1 Yuni Satia Rahayu, menegaskan untuk urusan penyuluh lapangan harus lebih aktif.

"Soal bantuan ke petani, APBD Sleman punya sisa anggaran yang belum terserap besar. Ini harus dipastikan agar dana bisa diserap warga desa," katanya.

Menurut dia, pemerintah baik pusat maupun daerah, mau tidak mau harus konsentrasi agar ke depan makin baik, pertanian didukung tenaga ahli seperti penyuluh PPL swadaya.

"Di Sleman itu semua tahu, jadi lumbung pangan DIY. Ini butuh fokus alokasi anggaran yang ditujukan untuk penguatan kedaulatan pangan," katanya.

Ia mengatakan, tata kelola pemerintahan di desa harus bisa memberikan pelayanan yang optimal bagi rakyat Sleman.

"Kelola pertanian sebagai sektor penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan harus bisa sejahterakan para petani," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024