Sepak Bola - PBFC kalahkan Persipura 5-4 melalui adu penalti

id sepak bola

Sepak Bola - PBFC kalahkan Persipura 5-4 melalui adu penalti

ilustrasi. antaranews.com (sepak bola)

Sleman (Antara Jogja) - Kesebelasan Pusamania Borneo FC berhasil mengalahkan Persipura dengan skor 5-4 melalui adu penalti pada babak delapan besar grup E kejuaraan Piala Jenderal Sudirman di Stadion Internasional, Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu sore.

Adu penalti dilakukan setelah sepanjang 90 menit pertandingan kedudukan sama kuat 1-1, sesuai peraturan kejuaraan tersebut harus ada tim yang memenangkan pertandingan, sehingga kemudian pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti untuk memperoleh pemenang.

Adu penalti yang berlangsung di gawang sisi utara tersebut diawali tembakan pertama dari Persipura yang dipercayakan kepada Lancine Cone. Ia sukses mengeksekusi bola hingga menebus gawang Pusamania Broneo FC (PBFC) yang dijaga Galih Sudaryono.

Giliran PBFC yang mendapat jatah untuk menendang bola. Srojan Lopicic yang mendapat tugas itu dapat menyelesaikan dengan baik melalui tendangan keras yang gagal ditepis kiper Persipura Ferdiansyah.

Penendang kedua Persipura Nelson Alom juga sukses mencetak gol, sedangkan penendang ketiga Persipura Lucas Mindawen gagal menambah gol setelah tembakannya berhasil ditepis penjaga gawang PBFC Galih Sudaryono. Selanjutnya penendang keempat Persipura Geral Pangkali juga sukses menjaringkan bola.

Gagalnya eksekusi pemain Persipura Ferinando Pahabol menjebol gawang PBFC langsung memupus harapan Persipura.

Sedangkan tiga pemain sisa PBFB, yakni Goran Ganchep, Sutan Sama, dan Ponaryo semua berhasil mencetak gol, sehingga kedudukan menjadi 5-4 untuk PBFC. Penendang kelima PBFC tidak perlu lagi melakukan eksekusi penalti.

Sebelumnya dalam pertandingan yang dipimpin wasit Agus Fauzan tersebut berakhir dengan kedudukan 1-1.

PBFC lebih dahulu unggul setelah pada menit 37 mendapatkan tendangan penalti karena pemain persipura Ricardo Salampesy "handsball" di kotal penalti.

Pemain PBFC Srojan lopicic yang dipercaya mengeksekusi penalti dapat menjalankan tugas dengan baik, sehingga menggubah skor menjadi 1-0 untuk PBFC.

Perispura mampu mebalas kekalahan pada menit 39 melalui sundulan Ricardo Salampessy yang memanfaatkan tembakan pojok dari sisi kiri gawang PBFC sehingga kedudukan menjadi sama kuat 1-1, hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, meskipun kedua tim melakukan serangan gencar, baik PBFC maupun Persipura tidak mampu menambah gol untuk menciptakan kemenangan.

Pelatih PBFC Kas hartadi mengatakan kemenagan itu hasil kerja keras seluruh pemain.

"Pemain sudah kerja keras. Saya sudah tahu cara bermainnya Persipura dan mengintruksikan pemain mau kerja keras dan disiplin poisisi, bisa merajai jalannya pertandingan. Kemungkinan terbuka lolos ke babak selanjutnya," katanya.

Pelatih Persipura Osvaldo Lessa mengatakan semua pemain sudah bermain dengan bagus.

"Semua sudah bagus dan pemain juga bagus, tidak ada masalah," katanya. 
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024