Kodim 0731 lakukan penghijaun kawasan Waduk Sermo

id waduk

Kodim 0731 lakukan penghijaun kawasan Waduk Sermo

Kawasan objek wisata Waduk Sermo di Kulon Progo (mpkd.ugm.ac.id)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Komando Distrik Militer 0731 Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalukan penghijauan di Kawasan Waduk Sermo, Kecamatan Kokap, guna mendukung sektor pariwisata di wilayah ini.

Komandan Kodim Letkol Arm Gunawan di Kulon Progo, Kamis, mengatakan Kawasan Waduk Sermo membutuhkan penambahan penghijauan untuk mempercantik sekitar waduk, apalagi jumlah pengunjung semakin meningkat.

"Penghijauan ini mendukung program pemerintah dalam melaksanakan gerakan penghijauan dan kampanye "Indonesia Hijau Berseri, Bersih, Sehat, Rapi dan Indah". Selain itu, mendukung sektor pariwisata," kata Gunawan.

Ia mengatakan jenis pohon yang ditanam mulai dari pohon mahoni 800 batang, trembesi 350 batang, asem jawa 350 batang dan akasia 500 batang.

"Kami meminta kepada seluruh petugas Waduk Sermo dan warga masyarakat agar turut menjaga dan memelihara pohon tersebut agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Demikian kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar tertib dan aman," harapnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan Pemkab Kulon Progo menyambut baik dan mendukung kegiatan penghijauan ini, karena penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan dan merupakan program nasional.

Selain bertujuan mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup dalam keseimbangan dan keserasian yang dinamis dengan perkembangan penduduk, juga agar dapat menjamin pembangunan nasional berkelanjutan.

"Kami harap bukan sekedar menanam saja, tetapi hendaknya ditindaklanjuti dengan perawatan tanaman secara terus menerus, sehingga bibit yang ditanam akan tumbuh baik," kata Sutedjo.

Ia juga mengingatkan kearifan lokal yang dilakukan nenek moyang yang memberikan nilai edukasi, setelah menebang pohon, kemudian menancapkan pucuk ranting daun dibekas tempat pohon ditebang.

"Hal ini memiliki makna, untuk mengingatkan kalau mau menebang harus mau menanam," katanya. 

KR-STR