KNPI Sleman luncurkan 1.000 tong sampah

id tempat sampah

KNPI Sleman luncurkan 1.000 tong sampah

Ilustrasi tempat sampah (antarafoto.com)

Sleman, 31/7 (Antara) - Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan 1.000 tong sampah untuk mendukung upaya menciptakan kebersihan lingkungan di wilayah setempat.

Kegiatan bhakti sosial peluncuran tong sampah tersebut dilakukan di sela-sela Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Kabupaten 2016 di Aula Bappeda Sleman, Minggu.

Ketua Panitia Musda KNPI Kabupaten Sleman Dono Permono mengatakan program peluncuran 1.000 tong sampah merupakan bentuk kepedulian DPD KNPI Sleman terhadap kebersihan.

"Kesadaran masyarakat untuk membuang sampang pada tempatnya masih sangat kurang. Tong-tong sampah ini akan disebar di sejumlah titik di Sleman. Termasuk di sekretariat organisasi kepemudaan (OKP) yang selama ini bernaung dengan KNPI," katanya.

Ia mengatakan 1.000 tong sampah sangat berarti karena dapat memberikan pendidikan kesadaran akan lingkungan. Dimana masyarakat diajak untuk mengatur sampah sendiri.

"Meningkatnya kebutuhan rumah tangga berpanguruh pada volume sampah yang dihasilkan. Apalagi, Sleman tidak memiliki tempat pembuangan sampah akhir (TPA) karena bergantung pada Piyungan Bantul," kata Dono yang juga merupakan Wakil Ketua DPD KNPI Sleman ini.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun berharap program 1.000 tong sampah bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, apalagi sampah cukup erat kaitannya dengan penyakit.

"Kesadaran mengelola sampah harus sudah ada di setiap rumah tangga dan dampaknya keseluruh lapisan masyarakat," katanya.***3***

Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024