Pameran alutsista di Yogyakarta dipadati ribuan pengunjung

id alutsista

Pameran alutsista di Yogyakarta dipadati ribuan pengunjung

Sejumlah pelajar Akademi Angkatan Udara memainkan drum band saat pembukaan pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI di Jogja City Mal, DI Yogyakarta, Senin (15/8). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww/16.

Yogyakartac(Antara Jogja) - Pameran alat utama sistem senjata TNI Angkatan Darat di Jogja City Mall Yogyakarta yang dibuka Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X, Senin malam, disambut antusias ribuan pengunjung.

Koordinator pameran, Letnan Kolonel Inf Riyanto mengatakan selain untuk merayakan momentum HUT Ke-71 Kemerdekaan RI, pameran alutsista bertajuk "Independence Day Military Expo 2016" itu bertujuan mengedukasi masyarakat Yogyakarta mengenai peralatan tempur yang dimiliki TNI.

"Ini juga sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat yang telah membayar pajak, karena seluruh peralatan tempur ini dibeli dengan uang rakyat," kata Riyanto.

Dalam pameran yang berlangsung 15-18 Agustus 2016 itu, kata dia, lebih dari 200 alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI AD, TNI AU, dan TNI AL dapat dilihat langsung oleh masyarakat. Selain alutsista TNI, Beberapa peralatan milik Polri dan BPBD juga ikut dipajang.

Menurut dia, alutsista Armed Multi Louncher Rocket System, Astros II MK 6 produksi Brasil merupakan salah satu peralatan tempur paling mutakhir milik TNI yang dipamerkan.

"Alat tempur Astros yang paling baru, baru diuji coba dua minggu yang lalu. Jangkauannya lebih jauh dan akurasinya lebih tinggi," kata Riyanto yang juga Kepala seksi Operasional Korem 072/Pamungkas itu.

Selain Astros, sejumlah alutsista lainnya yang dipamerkan di antaranya Meriam 57 S GO, Panser jenis Panhard 2, Defender MRCV 110, serta Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) dan Artileri Medan (Armed).

"Kami memilih pameran di pusat perbelanjaan karena paling mudah untuk mengumpulkan massa. Semakin banyak yang berkunjung maka tujuan kami tercapai," kata dia.

Ribuan pengunjung terlihat memadati pameran alutsista milik TNI itu. Tidak jarang para pengunjung berfoto bersama keluarga dengan latar belakang kendaraan lapis baja itu.

Sebagian dari mereka juga melihat-lihat dan memeragakan penggunaan sejata milik Koppassus. Adapun di stan Sekolah Tinggi Angkatan Laut, petugas menyajikan simulasi visual mengenai strategi perang dasar yang digunakan TNI.

Salah seorang pengunjung, Suyatmi (56) mengaku sengaja datang untuk memerlihatkan alat tempur milik TNI secara langsung kepada cucunya.

"Cucu saya katanya pengen lihat tank secara langsung. Mereka senang karena selama ini baru lihat di televisi saja," kata warga Mlati, Sleman yang datang bersama tiga cucunya itu.

(L007)