Yogyakarta butuh 45 pengawas pemilihan lapangan

id panwas kota yogyakarta

Yogyakarta butuh 45 pengawas pemilihan lapangan

Panwaslu Kota Yogyakarta (Panwaslujogja.web.id)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Panitia Pengawas Pemilihan Kota Yogyakarta melalui Panitia Pengawas Kecamatan akan membuka rekrutmen Pengawas Pemilihan Lapangan sebanyak 45 orang yang akan ditempatkan di kelurahan untuk Pilkada 2017.

"Nantinya, akan ada satu Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) di tiap kelurahan untuk membantu pengawasan pelaksanaan Pilkada Kota Yogyakarta 2017," kata Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) Kota Yogyakarta Agus Muhammad Yasin di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, proses rekrutmen PPL tidak akan ditangani secara langsung oleh Panwas Kota Yogyakarta melainkan dilakukan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di tiap wilayah.

"Proses rekrutmen dilakukan pada 5-25 September," katanya.

Rekrutmen pengawas pemilihan lapangan akan dimulai dengan penjaringan calon, penerimaan berkas pendaftaran dilanjutkan seleksi admnistrasi serta tes wawancara guna menetapkan PPL terpilih.

"Panwascam akan menerima usulan nama calon PPL dari tokoh masyarakat, tokoh adat atau dari pemuda setempat. Proses rekrutmen akan dilakukan secara terbuka," katanya.

Setiap kelurahan, minimal terdapat dua nama yang diusulkan sebagai calon PPL dan diajukan paling lama lima hari kalender setelah pendaftaran dibuka.

"Panwascam kemudian menghubungi calon PPL untuk mendaftarkan diri dengan menyerahkan syarat administrasi, baru kemudian dilakukan tes wawancara," katanya.

Masyarakat yang berminat menjadi PPL bisa mengambil formulir pendatarn adi masing-masing sekretariat Panwascam. "Harapannya, masyarakat antusias mendaftar sebagai pengawas pemilihan lapangan," katanya.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta masih menghitung jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang dibutuhkan untuk Pemilihan Kepala Daerah 2017.

Jumlah TPS tersebut terkait dengan kebutuhan panitia pemutakhiran data pemilih yang akan melakukan pemutakhiran data dengan verifikasi langsung di lapangan. "Dalam dua atau tiga hari ini, jumlah TPS sudah bisa ditentukan," kata Ketua KPU Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto. ***2***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024