HIMKI DIY kembangkan klaster bagi UKM mebel-kerajinan

id mebel

HIMKI DIY kembangkan klaster bagi UKM mebel-kerajinan

Ilustrasi--industri mebel. (FOTO ANTARA)

Yogyakarta (Antara) - Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengembangkan klaster bagi pelaku usaha kecil dan menengah bidang mebel dan kerajinan di kawasan Pajangan, Kabupaten Bantul.

"Klaster yang menjadi sentra usaha mebel dan kerajinan serta `showroom` bagi produk yang dihasilkan itu akan beroperasi pada tahun 2018," kata Ketua Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) DIY Timbul Raharjo di Yogyakarta, Rabu.

Di sela pengukuhan pengurus DPD HIMKI DIY masa bakti 2016-2020, Timbul mengatakan sebanyak 50 usaha kecil dan menengah (UKM) mebel dan kerajinan anggota HIMKI DIY akan bergabung dalam klaster tersebut.

HIMKI DIY, kata dia, saat ini menyediakan lahan seluas lima hektare untuk dijadikan klaster mebel dan kerajinan bagi 50 UKM. Satu UKM bisa menggunakan lahan sekitar 1.000 meter persegi untuk tempat usahanya.

"Dengan jumlah anggota HIMKI DIY yang mencapai 300 UKM, ke depan akan ada penambahan luas lahan klaster hingga 20 hektare. Kami berupaya menjalin kerja sama dengan pemerintah DIY maupun Kabupaten Bantul untuk pengurusan izin dan AMDAL," kata Timbul.

Ketua DPP HIMKI Sunoto mengatakan mengapresiasi upaya DPD HIMKI DIY yang akan membangun satu area klaster khusus untuk UKM mebel dan kerajinan. Upaya itu bagus dan nanti bisa diadopsi daerah lain.

Meskipun demikian, kata dia, pengembangan klaster itu jangan hanya membangun secara fisik tetapi ruhnya juga harus bisa dimasukkan di dalamnya. Selain itu juga harus dipikirkan mengenai pemasaran dan pengadaan bahan baku.

Menurut dia, secara sistem pengembangan klaster itu harus sinergis. Hal itu akan berhasil jika memenuhi unsur-unsur komprehensif, integratif, profesional, proporsional, produktif, dan bersifat "long term".

"Dengan demikian ada manfaat atau nilai tambah yang bisa dirasakan anggota karena HIMKI itu sesungguhnya tidak mencetak profit tetapi benefit. Kami juga berharap regulasi dari pemerintah bisa diperbaiki untuk memudahkan pengembangan UKM mebel dan kerajinan," kata Sunoto.

Pengukuhan pengurus DPD HIMKI DIY masa bakti 2016-2020 itu dilakukan Wakil Gubernur DIY Paku Alam XI.

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024