Kopertis gandeng UGM tingkatkan kualitas 218 PTS

id kopertis

Kopertis gandeng UGM tingkatkan kualitas 218 PTS

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II menggandeng Universitas Gadjah Mada untuk meningkatkan kualitas 218 perguruan tinggi swasta di Provinsi Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampung agar dapat bersaing di era globalisasi.

"Kualitas sumberdaya manusia menjadi salah satu modal penting bagi PTS untuk dapat mengembangkan kualitas pendidikannya, agar masyarakat tidak lagi memandang PTS sebelah mata. Karena itu, Kopertis Wilayah II secara resmi meminta UGM untuk terlibat dalam meningkatkan mutu dan kualitas PTS," kata Koordinator Kopertis Wilayah II, Slamet Widodo, di Yogyakarta, Senin.

Ia menjelaskan, stigma masyarakat banyak yang melihat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hanya sebagai alternatif, sebab jika tidak diterima di PTN maka pilihan alternatifnya masuk PTS.

"Ini yang mau kita ubah, PTS bukan hanya jadi alternatif tapi menjadi pilihan utama dan menjadi unggulan. Saya sempat `blusukan` ke beberapa PTS, ternyata masih banyak yang harus dibenahi dan diperbaiki, salah satunya dengan peningkatan kualitas SDM," jelas dia.

Ia menyayangkan maraknya pandangan seperti ini yang masih muncul di kalangan masyarakat.

Padahal, beberapa PTS telah mengembangkan berbagai sarana dan prasarana yang mumpuni serta kualitas belajar mengajar yang juga baik.

Namun, ia mengakui pentingnya peningkatan kompetensi tenaga pendidik agar PTS mampu menghasilkan lulusan yang juga berkualitas.

"Saya berharap dosen-dosen dan mahasiswa kami bisa melanjutkan studi di UGM. Saya minta ke UGM karena universitas ini bukan hanya kelas nasional tapi kelas dunia. Saya harap mereka datang ke sini dengan niat sungguh-sungguh untuk menuntut ilmu," terang dia. (KR-RHN)

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024