Hipmi mendorong UGM tingkatkan pengusaha baru pertanian

id Hipmi mendorong UGM tingkatkan pengusaha baru pertanian

Hipmi mendorong UGM tingkatkan pengusaha baru pertanian

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (antaranews)

Yogyakarta,  (Antara Jogja) - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong Universitas Gadjah Mada untuk meningkatkan jumlah dan kualitas pengusaha muda baru di sektor pertanian.

"Kami mengharapkan mahasiswa yang lulus dari UGM berani berbisnis di sektor agrobisnis dan agroindustri, kata Ketua Bidang Agribisnis, Agroindustri, dan Kemaritiman Hipmi DIY Yanuar Reza Yulias, di Yogyakarta, Senin.

Ia mengatakan,saat ini masih sangat sedikit lulusan pertanian dari UGM dan kampus-kampus di DIY yang berani berusaha di bidang agrobisnis dan agroindustri, padahal sektor itu memiliki potensi besar.

"Masih terlalu sedikit sarjana pertanian yang tertarik untuk berbisnis sayuran untuk dipasok ke hotel, restoran, katering, dan supermarket. Padahal peluangnya terbuka luas," katanya.

Ia menuturkan sebaiknya materi perkuliahan Fakultas Pertanian UGM memuat materi "entrepreneurship" yang akan menjawab tantangan seperti ini, sekaligus memberikan dorongan kuat para mahasiswa untuk tidak malu bersentuhan dengan sayur mayur.

"Sayur mayur itu dipasok ke restoran-restoran, katering, dan supermarket yang notabene sangat besar peluangnya, tetapi ternyata sangat jarang pemuda mau bersentuhan dengan kebutuhan restoran yang potensi ekonominya sangat tinggi," katanya.

(T.KR-RHN)