Gunung Kidul salurkan dana desa tahap kedua

id Gunung Kidul salurkan dana desa tahap kedua

Gunung Kidul salurkan dana desa tahap kedua

Icon Gunung Kidul Handayani (Foto Antara)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera menyalurkan dana desa tahap kedua sebesar Rp41 miliar ke 144 desa di wilayah ini.

Sekretaris Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Gunung Kidul Edy Basuki di Gunung Kidul, Senin, mengatakan, dana desa tahap kedua sebesar Rp41 miliar, sedangkan total dana desa 2016 sebesar Rp103 miliar.

"Saat ini dana tersebut sudah berada di kas pemkab, tinggal disalurkan ke rekening desa. Jumat lalu (23/9) Kementerian Keuangan sudah mentransfer uang itu sekitar Rp41 miliar ke kas daerah," kata Edy.

Ia mengatakan pemerintah segera menyalurkan ke rekening desa, yang sudah melengkapi berkas administrasi sepertu laporan pertanggungjawaban (LPJ) dan rincian anggaran pendapatan belanja desa (APBDes).

"Pencairan dana desa butuh syarat ada laporan penggunaan dana desa dari periode sebelumnya," katanya.

Edy mengatakan syarat yang harus diselesaikan desa adalah rencana yang akan dilakukan oleh desa dalam penggunaan dana desa. Dana yang telah ada selanjutnya akan disalurkan ke rekening-rekening desa.

Pada tahun ini, lanjut Edy, dana desa bisa disalurkan lebih cepat dibandingkan tahun 2015. Tahun kemarin dana desa cair pada bulan Desember sehingga sebagian besar menjadi sisa lebih perhitungan anggaran atau Silpa.

"Saat ini karena masih ada waktu efektif tiga bulan harapannya serapan (anggaran, red) bisa maksimal," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Gunung Kidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan kemungkinan dana desa bisa dicairkan pada minggu ini.

"Sudah ada di kas daerah tinggal ditransfer ke desa," katanya.

Pihaknya berharap semua desa bisa melaksanakan kegiatan menggunakan dana desa itu dengan baik demi kemajuan desanya.

"Kami berharap, setelah masuk ke rekening desa semua program segera dilaksanakan dengan baik," katanya.

(U.KR-STR)