Paslon jalani tes rambut uji bebas narkoba

id pilkada kota yogyakarta

Paslon jalani tes rambut uji bebas narkoba

Dua pasangan bakal calon Kepala Daerah Kota Yogyakarta yaitu pasangan Imam Priyono-Achmad Fadli dan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi seusai menjalani tes narkoba melalui rambut. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

"Ada tambahan berupa pengambilan sampel rambut untuk pengujian bebas narkoba. Ini didasarkan pada rekomendasi Badan Narkotika Nasional dan dilakukan sesuai standar pengujian yang sudah ditetapkan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakar
Yogyakarta, (Antara Jogja) - Pasangan bakal calon kepala daerah pada Pilkada Kota Yogyakarta yang sebelumnya sudah menjalani tes urine, harus menjalani pengambilan sampel rambut untuk mendukung tes bebas narkoba agar hasilnya lebih valid.

"Ada tambahan berupa pengambilan sampel rambut untuk pengujian bebas narkoba. Ini didasarkan pada rekomendasi Badan Narkotika Nasional dan dilakukan sesuai standar pengujian yang sudah ditetapkan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto di Yogyakarta, Selasa.

Sampel rambut dari dua pasangan bakal calon kepala daerah sudah diambil dan langsung dikirim ke BNN untuk diuji.

Pengujian bebas narkoba dengan sampel rambut dinilai lebih valid dibanding menggunakan urine karena dapat menunjukkan kandungan narkoba yang dikonsumsi selama tiga bulan terakhir, sedangkan tes urine hanya mengetahui kandungan narkoba dalam tiga hari terakhir.

"Hasilnya akan langsung ke BNN Kota Yogyakarta untuk kemudian disampaikan ke KPU Kota Yogyakarta," kata Wawan.

Meskipun ada tambahan tes rambut untuk uji bebas narkoba, namun Wawan mengatakan bahwa hal tersebut tidak akan mempengaruhi rencana penetapan hasil tes kesehatan yang akan dilakukan pada Rabu (28/9).

"Kami akan menerima hasil tes kesehatan dari tim dokter pada Rabu (28/9) yang menyatakan apakah pasangan bakal calon tersebut mampu secara jasmani dan rohani atau sebaliknya. Hasil pemeriksaan kesehatan secara detail tidak akan disampaikan ke KPU," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU DIY Guno Tri Tjahjoko mengatakan, uji sampel rambut untuk tes narkoba sebenarnya dapat dilakukan dalam waktu 15 menit.

"Waktu yang dibutuhkan hanya 15 menit. Kami akan meminta agar hasil tes rambut untuk pasangan bakal calon yang akan maju Pilkada 2017 dapat dipercepat sehinga tidak mengganggu tahapan yang sudah ditetapkan," katanya.

Sebelumnya, dua pasangan bakal calon kepala daerah Kota Yogyakarta yaitu pasangan Imam Priyono-Achmad Fadli dan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi sudah menjalani tes kesehatan di RS Jogja pada Senin (26/9) dan dilanjutkan Selasa (27/9).

Selain menilai kesehatan jasmani dan bebas narkoba, seluruh pasangan calon juga menjalani tes psikologi secara tertulis dan wawancara untuk mengetahui kondisi kejiwaan dari seluruh pasangan bakal calon kepala daerah. ***2***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024