Wabup : pangan lokal diharapkan dongkrak ekonomi masyarakat

id pangan lokal

Wabup : pangan lokal diharapkan dongkrak ekonomi masyarakat

Ubi salah satu bahan pangan lokal (antaranews.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Pengembangan dan pemanfaatan produk pangan lokal diharapkan tidak hanya sebagai pangan alternatif namun lebih dari itu pengembangan pangan lokal akan berdampak positif bagi pengembangan ekonomi masyarakat, kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun.

"Pengembangan pangan lokal juga diharapkan dapat berimplikasi bagi peningkatan derajat kesejahteraan keluarga," kata Sri Muslimatun pada Gelar Potensi Pertanian Kecamatan Ngemplak dan Cangkringan, Sleman, Selasa.

Menurut dia, optimalisasi keberadaan produk pangan lokal dapat terwujud jika sumber daya manusia pengolah produk-produk tersebut memiliki kompetensi yang baik serta inovasi untuk mampu mengolah produk lokal yang ada sebagai sumber pangan sehingga mampu mencukupi kebutuhan pangan keluarga.

"Kami harapkan para petani khususnya di daerah Ngemplak dan Cangkringan untuk terus berani mengeksplorasi diri dengan ide-ide kreatif dalam mengolah dan memanfaatkan produk pangan lokal yang kita miliki," katanya.

Ia mengatakan, inovasi dan kreativitas inilah yang menjadi modal bagi peningkatan nilai tambah produk pangan lokal yang ada.

"Hal yang tidak kalah penting adalah kesigapan para penyuluh pertanian untuk dapat terus memberikan pendampingan dan motivasi bagi para petani untuk dapat terus berinovasi," katanya.

Sri Muslimartun berharap para penyuluh dapat terus meningkatkan pendampingan terhadap masyarakat agar dapat meningkatkan potensi dan nilai tambah pada produk pangan lokal di Kabupaten Sleman.

"Diharapkan dengan diselenggarakannya gelar potensi ini dapat memotivasi para kelompok tani untuk dapat terus berinovasi dalam bidang pertanian, perikanan dan kehutanan," katanya.

Dalam gelar potensi tersebut juga dilakukan pengukuhan Kelompok Tani sebanyak 25 kelompok, lomba mewarnai gambar tingkat SD, lomba memasak kelompok wanita tani berbahan pangan lokal nonberas, nonterigu, lomba asah terampil pertanian tingkat SMA dan lomba memancing.***3***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024