Anies Baswedan berziarah di Makam Jenderal Soedirman

id anies

Anies Baswedan berziarah di Makam Jenderal Soedirman

Anies Baswedan (Foto antarayogya.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ziarah di makam Panglima Besar Jenderal Soedirman dan istrinya Alfiah Soedirman di Kompleks Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Semaki, Yogyakarta, Kamis.

Anies yang mengenakan kemeja putih tiba di Kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Negara pukul 10.45 WIB. Sebelum memasuki kompleks makam pahlawan ia menyempatkan bersalaman dengan sejumlah warga Yogyakarta yang telah menunggu kedatangannya sejak pagi.

"Saya merasa perlu kembali ke Semaki (makam Jenderal Soedirman) untuk memberikan rasa hormat dan sekaligus mengingatkan pada kita semua bahwa kepemimpinan di Indonesia dari awalnya adalah kepemimpinan yang orang-orang tegas, berani, dan menghargai sesama," kata Anies.

Menurut Anies, sosok Jenderal Soedirman yang sebelumnya berprofesi sebagai seorang guru itu patut menjadi inspirasi dan contoh bagi pemimpin Indonesia saat ini.

"Beliau (Jenderal Soedirman) adalah salah satu inspirasi yang penting dalam kepemimpinan hari ini. Orangnya sopan hormat pada yang lain, tutur katanya mencerminkan keterdidikan tetapi sikapnya tegas, berani," katanya.

Ia mengatakan kedatangannya ke makam Jenderal Soedirman hari ini bukan kali pertama. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengaku sering berziarah sejak saat masih menempuh pendidikan di Yogyakarta, terlebih keluarganya memiliki hubungan khusus dengan keluarga Jenderal Soedirman.

"Ibu Alfiah (istri Soedirman) dengan nenek saya bersahabat baik. Suaminya sama-sama seorang pejuang," kata dia.

Sebelum ke makam Jenderal Soedirman, Anies menyempatkan berkunjung ke kediaman ibunya di Yogyakarta untuk meminta doa restu menghadapi dinamika Pilkada DKI Jakarta. Selepas ziarah, Anies dan rombongan menuju kawasan permukiman warga di bantaran Kali Code, Yogyakarta.

"Besok mulai masa kampanye. Saya merasa perlu kembali ke Yogyakarta mengunjungi ibu dan mohon doa restu," kata dia.
L007
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024