Plt Wali Kota ingatkan PNS netral pilkada

id pilkada

Plt Wali Kota ingatkan PNS netral pilkada

ilustrasi (antaranews)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Pelaksana Tugas Wali Kota Yogyakarta Sulistyo mengingatkan agar seluruh pegawai negeri sipil menjaga netralitas saat Pilkada Kota Yogyakarta 2017 sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Menjaga netralitas pegawai negeri sipil saat pemilihan kepala daerah juga menjadi salah satu kewajiban yang akan kami kawal, selain menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2017," kata Sulistyo saat rapat koordinasi di Balai Kota Yogyakarta, Kamis.

Sulistyo resmi dikukuhkan sebagai Pelaksana Tugas Wali Kota Yogyakarta oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X dan akan resmi bertugas menggantikan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Imam Priyono yang akan menjalani cuti di luar tanggungan negara mulai Jumat (28/10) hingga 20 Desember.

Salah satu tugas yang diemban oleh pelaksana tugas adalah menyelesaikan berbagai pekerjaan kepala daerah yang belum dapat diselesaikan, baik dalam urusan pemerintahan, ketenteraman, maupun ketertiban.

"Harapannya, semua pekerjaan bisa dikerjakan dengan baik dan diselesaikan untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Paradigma yang berkembang saat ini, kata dia, menyatakan bahwa pemerintah tidak lagi sebagai penguasa, tetapi hadir untuk kepentingan masyarakat.

Hal senada mengenai netralitas pegawai negeri sipil saat Pilkada 2017 juga ditekankan oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Imam Priyono dalam pidato terakhirnya di rapat koordinasi tersebut.

"Pegawai negeri sipil harus bersikap tegak, tidak boleh condong ke kiri atau kanan meskipun hanya sedikit. Patuh pada aturan bahwa mereka harus bersikap netral," kata Imam.

Ia menambahkan bahwa pegawai negeri sipil juga harus bersikap cerdas agar tidak dimanfaatkan oleh pasangan calon tertentu yang nantinya justru akan merugikan pegawai itu sendiri.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyatakan meminta maaf kepada seluruh pegawai dan masyarakat apabila ada tindakan atau ucapan yang tidak berkenan.

"Saya berharap pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta bisa bekerja sama dengan pelaksana tugas yang sudah dikukuhkan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang tertunda," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Yogayakarta Titik Sulastri mengatakan bahwa seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta siap bekerja sama dengan pejabat pelaksana tugas yang ditunjuk.

"Siapa pun dan apa pun statusnya, kami siap bekerja sama dengan baik untuk menyelesaikan berbagai tugas yang ada," katanya.***2***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024