Pemkab Bantul siapkan kantor pamerkan produk UMKM

id UMKM

Pemkab Bantul siapkan kantor pamerkan produk UMKM

Bupati Bantul, Suharsono (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan kantor untuk menampung sekaligus memamerkan berbagai produk industri kreatif dan usaha mikro kecil menengah dari daerah ini.

"Saya harap hasil berbagai produk kerajinan di Bantul bisa lebih dioptimalkan, dan sekarang saya sedang menyiapkan kantor untuk memamerkan produk-produk industri kreatif dan UKM," kata Bupati Bantul Suharsono di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, kantor yang dipersiapkan untuk menampung berbagai kerajinan Bantul itu menempati bekas Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul yang saat ini tidak terpakai setelah instansi itu pindah ke Komplek Pemda di Manding.

Ia mengatakan penyiapan kantor untuk memamerkan produk kerajinan itu muncul setelah dirinya ditunjuk sebagai Ketua Ekonomi Kreatif dan UKM se-DIY sehingga harapannya ke depan dapat membantu promosi produk UMKM di Bantul.

"Kalau di tingkat pemerintahan kabupaten seluruh Indonesia saya ditunjak sebagai Ketua Umum Bidang Ekonomi Kreatif dan UKM. Jadi wakil saya para bupati, makanya saya membuat kantor, kalau sudah siap saya bisa pamerkan," katanya.

Suharsono mengatakan ada beberapa program dalam mengoptimalkan sektor industri kreatif dan UKM di Bantul, selain dengan pendampingan para perajin untuk peningkatan kualitas produk melalui dinas terkait juga gencar promosi ke luar daerah.

"Nanti wakil saya se-Indonesia saya minta membawa contoh produk Bantul tidak hanya makanan, namun kerajinan baik batik, keris, wayang dan industri lainnya. Saya berikan contoh satu-satu agar bisa diiklankan ke seluruh Indonesia," katanya.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop Bantul Sulistyanto mengatakan berbagai produk UMKM Bantul yang menjadi produk unggulan daerah ini di antaranya batik, kerajinan kulit, gerabah serta kerajinan batik kayu, namun akhir-akhir ini produk makanan olahan Bantul makin diminati.

Ia mengatakan, upaya promosi produk kerajinan UMKM Bantul dilakukan rutin setiap tahun melalui beberapa kali pameran kerajinan, baik pameran tingkat kabupaten, provinsi hingga skala nasional.

(KR-HRI)