Pemkab Kulon Progo diminta revitalisasi Pasar Dekso

id Pasar Dekso

Pemkab Kulon Progo diminta revitalisasi Pasar Dekso

Komisi II DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meninjau Pasar Dekso Kalibawang yang rusak parah karena bangunan sudah tua. (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Komisi II DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mendesak pemerintah setempat segera merevitalisasi Pasar Dekso di Kecamatan Kalibawang.

Anggota Komisi II DPRD Kulon Progo Ika Damayanti, di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan kondisi Pasar Dekso sudah tidak layak ditempati oleh pedagang untuk berjualan.

"Pasar Dekso perlu segera direvitalisasi, karena kondisi bangunan sangat memprihatinkan," kata Ika.

Ia mengatakan Pasar Dekso memiliki posisi yang strategis mengampu jalan kabupaten dan menjadi sentra aktivitas ekonomi serta kebutuhan masyarakat sehari-hari. Namun tidak didukung oleh infrastruktur yang layak dan memadai.

Menurut dia, pasar tradisional harus menjadi tempat yang layak, aman dan nyaman bagi para penjual dan pembeli, karena merupakan fondasi perekonomian daerah. Selain infrastruktur, aspek manajemen pasar, sosial budaya dan perekonomian rakyat, dengan pasar menjadi ruang bertemu masyarakat dan pasar harus bisa meningkatkan perekonomian rakyat.

"Saat kami meninjau Pasar Dekso, kondisi konblok rusak parah, eternit bolong-bolong, dan atap bocor. Kondisi pasar sangat memprihatinkan," katanya lagi.

Ika mengatakan pedagang sudah terlalu lama menunggu revitalisasi belum ada kepastiannya. Pedagang hanya menanyakan ke dinas untuk diperbaiki secara mandiri.

"Revitalisasi pasar adalah tanggung jawab pemerintah. Kami minta dinas terkait mengusulkan pada APBD Perubahan 2017," katanya pula.

Anggota Komisi II DPRD Kulon Progo Priyo Santoso meminta pemkab segera memperbaiki Pasar Dekso. Pasar ini berada di perbatasan Kulon Progo dengan Sleman. Pasar Dekso jauh tertinggal dibandingkan Pasar Minggir, Sleman.

"Jangan sampai masyarakat lebih memilih belanja di kabupaten sebelah," katanya pula.

(KR-STR)