Bulog DIY lanjutkan OP cabai di Yogyakarta

id cabai

Bulog DIY lanjutkan OP cabai di Yogyakarta

Pedagang cabai (Foto Antara)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Perum Badan Urusan Logistik Divisi Regional Daerah Istimewa Yogyakarta melanjutkan operasi pasar cabai rawit merah melalui Rumah Pangan Kita hingga harga komoditas itu mampu ditekan kurang dari Rp50 ribu per kilogram.

"Sesuai hasil evaluasi, operasi pasar (OP) cabai masih akan kami lanjutkan hingga harganya betul-betul turun di bawah Rp50 ribu per kilogram (kg)," kata Kepala Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional DIY Miftahul Adha di Yogyakarta, Kamis.

Miftah mengatakan hingga saat ini ada 15 Rumah Pangan Kita (RPK) di Kota Yogyakarta yang masih aktif menyalurkan cabai rawit merah dari Bulog DIY dengan permintaan rata-rata 5-10 kg per hari dan menjual dengan harga Rp85.000 per kg.

Mengingat daya simpan cabai yang rendah, Bulog DIY mendistribusikan secara langsung setiap cabai yang dibeli dari petani dengan volume sesuai permintaan masing-masing RPK.

"Sementara OP cabai masih dilakukan di wilayah Kota Yogyakarta saja. Untuk kabupaten lainnya sampai sekarang tidak ada permintaan," kata dia.

Agar lebih efektif menekan harga komoditas itu, menurut dia, OP cabai yang dimulai pada 11 Januari 2017 itu dipertimbangkan untuk dilakukan langsung di pasar-pasar tradisional di Kota Yogyakarta. Selain itu, harga jual cabai melalui OP juga akan terus dievaluasi dengan mempertimbangkan harga jual di kalangan petani.

"Masih akan terus kami evaluasi baik harga atau salurannya apakah perlu langsung OP di pasar atau tidak," kata dia.

Meski demikian, selain menjual melalui RPK Bulog DIY saat ini juga telah memenuhi permintaan cabai rawit merah dengan harga Rp85.000 per kg kepada perhotelan, restoran, dan katering (horeka) di Yogyakarta hingga 25 kg per hari.

Menurut Miftah, meski berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, namun seluruh biaya pengadaan hingga distribusi dilakukan secara mandiri oleh Bulog DIY. "Subsidi dari Disperindag belum ada," kata dia.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag DIY Yuna Pancawati mengatakan pihaknya belum memiliki rencana terlibat penuh dalam OP yang diselenggarakan Bulog. Selain bukan merupakan komoditas pokok, menurut dia, anggaran untuk OP cabai juga belum ada. "Kalau Bulog mungkin bisa melakukan OP cabai karena ada anggarannya dan bisa kapan saja," kata Yuna.

Berdasarkan pemantauan Disperindag DIY harga cabai rawit merah di Pasar Demangan, Pasar Bringharjo, dan Pasar Kranggan Yogyakarta per 13 Januari 2017 mencapai Rp89.000 per kg, menurun dibanding hari sebelumnya yang sempat mencapai Rp90.667 per Kg. Sejumlah jenis cabai lain juga masih stabil tinggi, seperti cabai rawit hijau masih dijual Rp 53.000 per Kg, cabai merah besar Rp32.667 per Kg dan cabai merah keriting Rp 43.000 per Kg.***3***

(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024