Pilkada 2017 - Pasangan calon belum sampaikan kampanye rapat terbuka

id pilkada

Pilkada 2017 - Pasangan calon belum sampaikan kampanye rapat terbuka

Pilkada (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta hingga tiga pekan menjelang berakhirnya masa kampanye pemilihan kepala daerah belum menerima pemberitahuan rencana kampanye rapat terbuka dari kedua pasangan calon.

"Belum ada pasangan calon kepala daerah yang menyampaikan pemberitahuan mengenai rencana kampanye rapat terbuka. Satu hari sebelum pelaksanaan kampanye, masih diperbolehkan memberitahukan ke kami," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Wawan, setiap pasangan calon kepala daerah memiliki hak untuk menggelar satu kali pelaksanaan kampanye rapat terbuka selama masa kampanye. Jadwal kegiatan rapat terbuka disesuaikan dengan jadwal kampanye yang sudah ditetapkan.

Di Kota Yogyakarta, terdapat dua pasangan calon kepala daerah. Setiap pasangan calon mendapatkan jadwal kampanye secara bergantian setiap hari hingga berakhirnya masa kampanye pada 11 Februari.

"Jika hari itu merupakan jatah pasangan calon untuk kampanye, maka bisa dimanfaatkan untuk kampanye rapat terbuka. Pemberitahuan disampaikan ke kepolisian dan Panitia Pengawas dengan tembusan KPU Kota Yogyakarta," katanya.

Namun demikian, Wawan menilai jika metode kampanye yang hingga kini dijalankan oleh kedua pasangan calon kepala daerah yaitu melakukan pertemuan langsung ke warga sudah cukup bisa diterima masyarakat.

Selama masa kampanye, Wawan juga menyebut, pasangan calon kepala daerah tidak selalu memberitahukan agenda kampanye kepada KPU Kota Yogyakarta.

"Memang tidak ada sanksi jika tidak memberitahukan agenda kampanye. Namun akan lebih baik jika mengikuti aturan yang ada," katanya.

Sementara itu, tim pemenangan pasangan calon kepala daerah nomor urut satu, Imam Priyono-Achmad Fadli, Foki Ardianto mengatakan, belum memutuskan kegiatan kampanye rapat terbuka. "Masih dalam kajian," katanya.

Hal senada disampaikan oleh calon wakil wali kota pasangan calon nomor urut dua, Heroe Poerwadi yang menyatakan belum memutuskan kegiatan kampanye rapat terbuka. "Masih didiskusikan," katanya. 

(E013)


Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024