Bantul mulai operasikan UPT Metrologi

id Bantul

Bantul mulai operasikan UPT Metrologi

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tahun ini mulai mengoperasikan Unit Pelaksana Teknis Metrologi setelah sebelumnya pelayanan uji tera dipusatkan di Balai Metrologi DIY.

"Minggu ini kita sudah melayani uji tera. Di DIY memang baru ada dua, satu di Kota Yogyakarta (Balai Metrologi DIY) dan satunya ada di Bantul (UPT Metrologi)," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Subiyanta Hadi di Bantul, Jumat.

Dengan demikian, kata dia, untuk pengawasan ukur timbang dan takar atau keperluan metrologi lainnya sudah bisa dilakukan di Bantul, termasuk bagi warga yang memerlukan tera timbangan tidak perlu ke Balai Metrologi DIY.

"UPT Metrologi di Bantul ini juga akan melayani wilayah Kabupaten Kulon Progo dan Gunung Kidul, sedangkan Balai Metrologi DIY melayani Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, UPT Metrologi di Bantul memang baru beroperasi pertengahan Januari 2017 ini, meskipun sebenarnya Pemkab sejak tahun lalu telah memiliki Peraturan Bupati (Perbup) Bantul tentang pembentukan UPT Metrologi.

Namun demikian, menurut dia, UPT Metrologi baru terbentuk dan beroperasi pada tahun 2017 setelah tersusun Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang Metrologi yang regulasinya dirampungkan pada 2016 lalu.

"Selain untuk melayani uji tera, UPT Metrologi ini juga akan melakukan pengecekan alat ukur takaran timbangan termasuk di Terminal BBM (bahan bakar minyak) Rewulu, argometer taksi dan lain sebagainya," katanya.

Subiyanta mengatakan, dalam menjalankan UPT Metrologi Bantul ini dijalankan oleh tenaga fungsional yang dilimpahkan Balai Metrologi DIY, kemudian peralatan yang digunakan juga berasal dari DIY, sebab ini merupakan unit baru.

"Kalau total petugas di UPT Metrologi Bantul berjumlah sebelas orang termasuk Kepala UPT dan Kasubab (Kepala Sub Bagian), sembilan orang di antaranya tenaga fungsional dari DIY," katanya.

Menurut dia, lokasi UPT Metrologi Bantul tersebut berada di bekas kantor Dinas Perhubungan Bantul Jalan Wahidin Sudirohusodo.***3***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024