Disdikpora Kulon Progo adakan simulasi UNBK

id Unbk

Disdikpora Kulon Progo adakan simulasi UNBK

Ilustrasi Simulssi UNBK (Foto ANTARA)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan simulasi ujian nasional berbasis komputer tingkat SMP dan SMA/SMK/MAN, mulai Senin (27/2) hingga Selasa.

"Hasil pantauan yang kami lakukan pada hari Senin, seperti SMK Maarit I Wates dan SMK Negeri II Pengasih berjalan lancar. Kami juga berharap, pelaksanaan UNBK hari kedua juga lancar," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulon Progo Sumarsana di Kulon Progo, Selasa.

Ia mengatakan bahwa hajatan besar tahunan Dikpora Kulon Progo pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ujian nasional sebelumnya lebih banyak diselenggarakan dengan menggunakan kertas, baik soal maupun jawaban.

Pada tahun ini, lanjut dia, UN akan diselenggarakan dengan menggunakan komputer/berbasis komputer, baik soal maupun jawaban, untuk seluruh siswa SMP se-Kabupaten Kulon Progo pada bulan Mei mendatang.

"Dalam rangka menyelenggarakan UNBK secara serentak untuk jenjang SMP atau madrasah sanawiah pada 2, 3, 4, dan 8 Mei 2016, Disdikpora mengadakan simulasi UNBK," katanya lagi.

Karena keterbatasan komputer, kata Sumarsana, pada simulasi UNBK pada hari Selasa sebanyak 64 SMP/MTs. Kegiatan ini diadakan di SMA/SMK/MAN di Kabupaten Kulon Progo yang secara geografis bisa dijangkau oleh SMP/MTs, serta sudah memenuhi kriteria persyaratan teknis untuk penyelenggaraan UNBK.

Selanjutnya, ada 13 SMP dan dua MTs yang sudah melaksanakan UNBK secara mandiri. Namun, penyelenggaraan simulasi UNBK belum bisa di selenggarakan pada hari Selasa karena masih menunggu kelengkapan sarana.

"Walaupun ada beberapa lokasi simulasi yang mengalami hambatan teknis, seperti belum siapnya provider, secara keseluruhan penyelenggaraan simulasi UNBK pada hari Selasa berjalan lancar," katanya.***4***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024