Persatuan becak motor tunggu desain prototipe

id becak motor

Persatuan becak motor tunggu desain prototipe

Penilangan becak motor (ilustrasi/istw)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Persatuan Becak Motor Yogyakarta masih menunggu desain prototipe becak motor yang pernah ditawarkan akan dibuatkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta sehingga memenuhi standar kelaikan dan keamanan serta aspek legalitas.

"Ya tentu kami mau dengan tawaran yang diberikan. Namun, sampai saat ini belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai desain yang dimaksud," kata Ketua Persatuan Becak Motor Yogyakarta Suparmin di Yogyakarta, Selasa.

Pada pekan lalu, Pemerintah Kota Yogyakarta bersama sejumlah pihak terkait menggelar diskusi mengenai keberadaan bentor yang belum memiliki legalitas operasional.

Di dalam diskusi tersebut, pemerintah daerah kemudian menawarkan pembuatan desain prototipe becak motor yang memenuhi standar kelaikan dan keamanan sehingga keberadaannya dapat dilegalisasi.

"Bagi kami, yang penting desainnya cocok, diketahui kepolisian serta Dinas Perhubungan DIY sehingga keberadaan becak motor bisa legal," katanya yang menyebut masalah utama yang dihadapi pengemudi becak motor adalah pada aspek legalitas.

Ia pun meminta kepolisian untuk tidak menindak pengemudi bentor selama belum ada aturan hukum yang mengatur operasional kendaraan tersebut.

"Kami juga berharap tetap diperbolehkan membawa penumpang di kawasan Malioboro karena lokasi tersebut menjadi ladang utama penghasilan kami," katanya yang menyebut ada sekitar 1.500 pengemudi becak motor di DIY.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Yogyakarta Affrio Sunarno menawarkan pembuatan desain prototipe becak motor yang memenuhi standar kelaikan dan keamanan serta legalitasnya.

Pembuatan prototipe tersebut ditujukan agar becak motor memiliki spesifikasi yang jelas dan memenuhi aspek keamanan, serta ada payung hukum yang menaungi legalitasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Kota Yogyakarta HM Fursan mengatakan, faktor utama dalam penyusunan desain becak motor adalah pada pemenuhan standar keamanan kendaraan.

"Konstruksi becak motor harus aman dan harus memiliki ciri khas Yogyakarta sehingga bisa mendukung pariwisata," katanya. ***1***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024