Sleman gelar lomba Keluarga Berencana

id kb

Sleman gelar lomba Keluarga Berencana

Ilustrasi program KB (foto dokterbagus.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan evaluasi dan lomba keluarga berencana dalam rangka memperingati Hari Keluarga XXIV tahun 2017.

"Evaluasi dan lomba yang diadakan meliputi Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP), Penyuluh KB, Keluarga Harmonis dan sejahtera, Kelompok UPPKS, Peserta KB Lestari 10 tahun, 15 tahun dan 20 tahun," kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB) Kabupaten Sleman Puji Lestari, Selasa.

Selain itu juga digelar lomba Kelompok KB Pria dan Motivator KB Pria, Kelompok PIK-R jalur sekolah dan nonsekolah serta Lansia Tangguh.

"Lomba dilaksanakan mulai 28 Feburari 2017 bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kinerja penyuluh KB, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta peran serta kader IMP dalam pengelolaan dan pelaksanaan program KB," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam ber-KB, meningkatkan kesertaan pria ikut KB, menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja dan meningkatkan kesehatan lansia.

"Tahun lalu Sleman dapat meraih lima kejuaraan di tingkat nasional sehingga target tahun ini bisa mempertahankan prestasi bahkan berusaha untuk meningkatkan prestasi lagi," katanya.

Puji mengatakan, kelima prestasi itu meliputi KB lestari 15 tahun, motivator KB Pria, PIK R nonsekolah yakni PIK R Semarak dari Ngemplak, Metode Kontrasepsi jangka panjang jalur Puskesmas, dan pasangan keluarga harmonis dan sejahtera.

"Metode yang digunakan untuk menilai lomba yakni dengan presentasi peserta dan wawancara yang dilakukan oleh Yuri dari Dinas P3AP2KB, Tim Penggerak PKK, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dispora, Dinas PMD dan instansi terkait lainnya," katanya. ***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024