Sleman menggelar Festival Karawitan khusus perempuan

id karawitan

Sleman menggelar Festival Karawitan khusus perempuan

Peserta Festival Karawitan di Sleman. (Foto Humas Sleman)

Sleman, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar Festival Karawitan 2017 yang pesertanya khusus perempuan di area parkir utara Lapangan Denggung Sabtu (25/3) dan Minggu (26/3) dengan total hadiah Rp39.500.000.

"Hadiah akan diberikan kepada para pemenang, pemain instrumen, dan `sinden` terbaik dalam event yang diikuti 17 grup karawitan perwakilan masing-masing kecamatan di Kabupaten Sleman," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantoro disela pembukaan festival, di Sleman, Minggu.

Menurut dia, tujuan penyelenggaraan untuk melestarikan budaya khususnya seni karawitan gaya Yogyakarta.

"Festival diikuti perempuan dan sebagian anak-anak untuk pemain instrumen sebagai wujud partisipasi perempuan dalam menjaga kelestarian budaya atau kesenian sesuai visi Pemerintah Kabupaten Sleman menciptakan masyarakat yang berbudaya," katanya.

Bupati Sleman dalam sambutan pembukaan festival karawitan tersebut yang diwakili Asekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Supardi menyampaikan apresiasinya atas diselenggarakannya Festival Karawitan 2017 tersebut.

"Karawitan sebagai salah satu kesenian asal Yogyakarta seiring berkembangnya jaman mulai memudar dan ditinggalkan," katanya.

Menurut dia, terselenggaranya event tersebut diharapkan dapat membangkitkan semangat generasi muda untuk mempelajari dan melestarikan seni budaya khusunya karawitan.

"Seni karawitan sebagai hiburan yang mendidik terutama bagi generasi muda untuk mempelajari seni budaya. Selain itu terselenggaranya festival ini diharapkan dapat mempercepat program kecamatan sebagai pusat pengembangan seni dan kebudayaan," katanya.

Penilaian festival menghadirkan tiga dewan juri dari unsur akademisi, praktisi seni, dan seniman karawitan dari Keraton Yogyakarta.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024