Bupati: Forikan harus kreatif tingkatkan konsumsi ikan

id Konsumsi ikan

Bupati: Forikan harus kreatif tingkatkan konsumsi ikan

Pasar Ikan (Foto Antara)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo mengharapkan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan yang melibatkan lintas sektor kreatif berinovasi untuk mengajak masyarakat meningkatkan konsumsi ikan.

"Ikan terbukti sangat baik untuk anak-anak guna meningkatkan kecerdasan otak mereka," katanya saat melantik Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Daerah Kabupaten Sleman, di Sleman, Senin.

Kegiatan yang berlangsung di Pasar Ikan KPI Mina Kepis Burikan Sumberadi Mlati Sleman tersebut bupati menyatakan salah satu produk unggulan daerah ini ikan air tawar yang dari tahun ke tahun meningkat signifikan.

"Produksi ikan konsumsi mulai 2014 hingga tahun 2016 meningkat dari 31.120,50 ton menjadi 42.875,20 ton," katanya.

Ia mengatakan peningkatan produksi ikan konsumsi ini berbanding lurus dengan permintaan pasar. Ini dapat diartikan bahwa kesadaran masyarakat memenuhi kebutuhan konsumsi ikan terus meningkat.

"Secara nasional data tren konsumsi ikan selama tiga tahun terakhir menunjukkan angka rata-rata konsumsi ikan sebesar 38,15 kilogram per kapita per tahun," katanya.

Menurut dia, di Kabupaten Sleman rata-rata konsumsi ikan mulai 2014-2016 sebesar 31,25 kg per kapita per tahun.

"Walaupun angka konsumsi ikan rata-rata di Sleman di bawah angka nasional, tetapi masih di atas angka rata-rata konsumsi ikan di DIY yang pada angka 22,17 kg per kapita per tahun," katanya.

Ia mengatakan melihat data tersebut Sleman harus mampu mengejar untuk mendekati angka konsumsi ikan tingkat nasional dengan meningkatkan angka konsumsi ikan sebesar 6,90 kg per kapita per tahun untuk sama dengan rata-rata nasional.

"Semakin tinggi tingkat konsumsi ikan masyarakat akan berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan ekonomi petani ikan, dengan catatan kebutuhan ikan di wilayah Sleman dapat tercukupi oleh produksi petani ikan Sleman itu sendiri," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024