BPPKI latih ibu rumah tangga terkait TIK

id pelatihan teknologi informasi dan komunikasi.

Kulon Progo (Antara Jogja) - Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan khusus bagi ibu rumah tangga di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Pegawai BPPKI Yogyakarta Suwarto di Kulon Progo, Senin, mengatakan bahwa pelatihan bertujuan agar ibu rumah tangga mendapatkan pengetahuan bagaimana menggunakan internet sehat sehingga bisa membimbing anak-anak atau keluarga mereka ketika menggunakan internet.

"Pada era media sosial yang sangat pesat perkembangannya, informasi dapat dihasilkan dari mana saja meskipun belum tentu kebenarannya. Untuk itu, diperlukan kejelian, tidak asal menyebarkan informasi yang baru saja diterima," kata Suwarto.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulon Progo Agus Santosa mengatakan bahwa penggunaan teknologi informasi di berbagai bidang adalah sebuah keniscayaan.

Dahulu yang dikatakan sebagai buta huruf adalah orang-orang yang tidak bisa membaca. Seorang itu dianggap buta huruf atau terbelakang bila tidak mampu menggunakan teknologi informasi, baik itu internet maupun segala perangkatnya.

Menurut dia, TIK juga dapat memberikan manfaat bagi kaum perempuan, khususnya ibu rumah tangga.

"TIK dapat meningkatkan produktivitas, membuka peluang ekonomi, meningkatkan taraf hidup diri dan keluarganya," katanya.


(KR-STR)