Warga Gunung Kidul gelar Gadean Gunung Gentong

id Gadean Gunung Gentong

Warga Gunung Kidul gelar Gadean Gunung Gentong

Warga Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, menggelar upacara adat Gadean Gunung Gentong. (Dok istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Warga Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar upacara adat Gadean Gunung Gentong di situs cagar budaya petilasan Prabu Brawijaya ke V di Pedukuhan Manggung, Desa Ngalang.

"Upacara adat ini sebagai bentuk penghormatan warga kepada leluhur," kata Kepala Desa Ngalang Kaderi di Gunung Kidul, Rabu.

Ia mengatakan acara nyadran tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya, hal ini bisa dilihat dari antusiasme masyarakat untuk ikut menyemarakkan acara.

"Mereka rela menunggu sejak pagi sampai dengan selesai acara tetap berada di lokasi. Semoga kedepan masyarakat semakin sejahtera dalam berbagai aspek, dan tidak meninggalkan adat tradisi yang harus tetap dilestarikan sebagai warisan budaya kepada anak cucu," harap Kaderi.

Sejak pagi masyarakat berkumpul di area Nyadran menunggu rombongan kirab yang berjalan menuju lokasi, dari anak-anak hingga orang tua, bahkan ada pula wisatawan yang ikut menyaksikan acara Nyadran tahun ini.

Bertolak dari Balai Desa Ngalang warga masyarakat membawa hasil panen mereka menggunakan jodhang menuju ke lokasi upacara adat Gadean Gunung Gentong yang berjarak sekitar 3 km. Dengan cara dipikul masyarakat berjalan kaki melewati rute dengan kondisi jalan yang menanjak dan curam.

Pembawa hasil panen tersebut tidak boleh beristirahat atau berhenti sebelum sampai di Watu Lincip. Setelah sampai di Watu Lincip, pembawa hasil panen telah ditunggu oleh pamong desa, tokoh masyarakat serta disambut dengan kesenian jathil.

Jodhang kemudian diarak menuju ke lokasi upacara untuk diserahkan kepada panitia dan sesepuh pelaksanaan upacara adat. Selanjutnya digelar doa bersama, lalu bahan makanan dibagikan kepada warga masyarakat dan tamu undangan yang hadir di acara tersebut.

Kegiatan ini sudah berlangsung turun-temurun.
"Upacara ini, diyakini, petilasan pernah disinggahi Prabu Brawijaya V bersama prajuritnya ketika dalam pelarian, sebagian diantara mereka kemudian menjadi cikal bakal masyarakat Ngalang. Tradisi ini juga dianggap sebagai bentuk penghormatan warga kepada leluhur," kata dia.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Ngalang Eko Hardiyanto mengajak kepada semua generasi muda khususnya di Desa Ngalang untuk ikut menjaga kelestarian adat budaya yang dimiliki. Menurutnya, generasi muda memiliki kewajiban menjaga kekayaan adat tradisi dan budaya di Desa Ngalang.

"Momentum Nyadran menjadi wisata budaya yang menarik minat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke kawasan destinasi wisata Gunung Gentong Gedangsari Gunung Kidul (4G). Kami berharap pada tiap tahun pelaksanaan Nyadran dapat terus meningkat baik peserta maupaun warga luar yang ingin menyaksikan," harapnya.

(U.KR-STR)