Pejabat: ajang internasional dongkrak kunjungan wisata DIY

id yogyakarta

Yogyakarta (Antara Jogja) - Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Aris Riyanta optimistis penyelenggaraan event atau ajang berskala internasional selama 2017 mampu mendongkrak kunjungan wisata di daerah itu.

"Dengan penyelenggaraan `event-event` berskala internasional saya yakin kunjungan wisata di Yogyakarta bisa naik 15-20 persen dari tahun sebelumnya," kata Aris di Yogyakarta, Kamis.

Aris mencontohkan, ajang "Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2017" yang diegelar di kawasan Candi Prambanan pada 23 April berhasil mengundang 6.500 orang datang ke Yogyakarta. Ia meyakini ribuan orang itu datang ke Yogyakarta sekaligus untuk berwisata.

Selain itu, ribuan wisatawan juga kembali ditargetkan datang ke Yogyakarta pada penyelenggaraan `Jogja International Air Show` mulai 26 hingga 30 April 2017. Perhelatan akbar itu akan diikuti ratusan penerjun payung dengan 62 atlet terjun payung di antaranya dari mancanegara.

"Nantinya masih akan ditambah dengan `event` `Jogja Beach Run` yang tentunya kembali mendatangkan bangak wisatawan" kata dia.

Aris meyakini ajang berskala internasional yang masih akan terus diselenggarakan di Yogyakarta tahun ini bisa mendukung peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik yang ditargetkan 400.000 wisatawan mancanegara dan empat juta wisatawan domestik.

"Dengan potensi itu kami masih mengupayakan kerja sama dengan sektor swasta atau lembaga lainnya untuk menggelar `event-event` lainnya," kata dia.

Selain mendorong peningkatan kunjungan wisata, Aris mengatakan secara tidak langsung penyelenggaraan kegiatan berskala nasional maupun internasional sekaligus membantu promosi wisata Yogyakarta ke daerah atau negara lain.

"Tentu selama mengikuti acara mereka akan melihat-lihat potensi wisata Yogyakarta dan pengalaman itu akan diceritakan saat pulang ke derah atau negaranya masing-masing," katanya. ***1***
(L007)