Pedagang diingatkan tidak menimbun kebutuhan pokok

id kebutuhan pokok, pedagang

Pedagang diingatkan tidak menimbun kebutuhan pokok

kebutuhan pokok (FOTO ANTARA/Seno S./pd/09.)

Bantul, 10/5 (Antara) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suharsono mengingatkan pedagang di pasar tradisional untuk tidak menimbun kebutuhan pokok agar tidak terjadi kelangkaan menjelang Ramadan 1438 Hijriyah.

"Saya minta jangan sampai ada yang menampung barang dari luar terus dijual dengan harga tinggi," kata Suharsono usai memantau harga dan stok kebutuhan pokok di Pasar Imogiri Kabupaten Bantul, Rabu.

Menurut dia, jika ada pedagang pasar yang ketahuan menimbun komoditas pokok hingga menimbulkan gejolak di masyarakat karena harganya melonjak maka pihaknya tidak akan segan menindak tegas dengan berkoordinasi dengan kepolisian.

"Kita tindak tegas jika ada pedagang yang seperti itu, dari Polda juga sudah ada koordinasi yang baik, dari Kapolri juga ada perintah untuk memantau harga-harga kebutuhan pokok di pasar wilayah masing-masing," katanya.

Meski demikian, Suharsono optimistis tidak akan terjadi kekurangan kebutuhan pokok di pasar mnjelang Ramadan, saat Ramadan hingga menjelang Idul Fitri 1438 Hijriyah karena berbagai pihak sudah mengantisipasi.

"Tadi bersama staf dari Pemda DIY dan Bantul sudah persiapkan jangan sampai kebutuhan pokok selama Ramadan ini terutama Lebaran kekurangan stoknya. Dan Alhamdulillah sampai sekarang tidak ada kendala," katanya.

Sementara itu, dalam pemantauan Bupati Bantul yang dilakukan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY dan jajaran Pemkab Bantul, selain di Pasar Imogiri juga di Pasar Bantul, yang hasilnya secara umum harga kebutuhan pokok relatif stabil.

"Kesimpulan secara umum bagus, kondusif dari Pasar Bantul dan Pasar Imogiri sama harga kebutuhan pokok rata-rata masih stabil. Kita harapkan terus stabil kalaupun ada yang naik tidak signifikan, itu karena pengaruh transportasi saja," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanto Hadi mengatakan, harga kebutuhan pokok di Bantul selama tiga hari terakhir stabil, yaitu beras IR pada kisaran Rp8.500 per kilogram (kg), gula pasir kisaran Rp12.700 per kg, bawang merah stabil pada kisaran Rp25.000 per kg.

Sedangkan harga bawang putih pekan ini stabil pada kisaran Rp60.000 per kg, tetapi beberapa pekan lalu harganya masih pada kisaran Rp27.000 sampai Rp30.000 per kilogram.***3***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024