Bupati : UASBN SD se-Bantul berjalan lancar

id bantul

Bupati : UASBN SD se-Bantul berjalan lancar

Bupati Bantul, Suharsono (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suharsono mengatakan pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Bertaraf Nasional 2017 tingkat sekolah dasar se-kabupaten ini pada hari pertama, Senin (15/5), berjalan lancar.

"Ujian berjalan lancar, sudah baik, tidak ada masalah dan semuanya sudah sesuai harapan kami," kata Bupati Bantul usai memantau pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Bertaraf Nasional (UASBN) di SD Cepit Bantul, Senin.

Menurut dia, pada hari pertama UASBN juga dilaporkan semua siswa mengikuti ujian dan sejauh ini tidak ada laporan adanya kendala maupun hambatan dalam pelaksanaan ujian berbasis kertas di sebanyak 384 sekolah.

"Sudah lengkap semuanya tidak ada hambatan apa-apa, semua persyaratan sudah terpenuhi. Untuk pengamanan soal-soal sudah saya tanyakan dan tidak ada masalah, intinya lancar sesuai dengan harapan kami," katanya.

Bupati Bantul berharap proses UASBN tingkat SD di Bantul dalam beberapa hari ke depan juga lancar sehingga tidak mengganggu siswa kerjakan soal, juga pengawas ujian bisa menjalankan tugas dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Totok Sudarto mengatakan UASBN 2017 tingkat SD sederajat di Bantul diikuti sebanyak 12.390 siswa yang berasal dari 385 sekolah tersebar di 17 kecamatan se-Bantul.

"Dari 17 kecamatan hanya satu sekolah yaitu SDIT di wilayah Sedayu yang belum terakreditasi sehingga menggabung di SD Pedes, sehingga yang sebanyak 384 sekolah bisa selenggarakan sendiri," katanya.

Ia mengatakan dari semua sekolah yang ikuti UASBN itu, ada 21 sekolah inklusi, sehingga di dalamnya terdapat anak-anak berkebutuhan khusus, diantaranya siswa `slow learner` atau terlambat belajar.

"Secara rinci kami belum bisa sampaikan, akan tetapi jumlahnya lebih dari 70 anak inklusi yang mengikuti UASBN ini, jadi dia adalah anak-anak kita yang berkebutuhan khusus," katanya.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024