Sabtu, 24 Juni 2017

Pantai Timang Gunung Kidul menjadi destinasi wisata

id gunung kidul
Pantai Timang Gunung Kidul menjadi destinasi wisata
Gunung Kidul (Foto Antara)
Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pantai Timang di Desa Purwodari, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berubah dari pusat pencarian lobster menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan hingga menggerak perekonomian masyarakat setempat.

Salah seorang pengelola gondola Pantai Timang Wasiman di Gunung Kidul, Jumat mengatakan awalnya gondola hanya untuk mencari lobster menuju ke Pulau Uang ada di seberang yang dibuat sejak 1997.

"Awalnya hanya untuk mencari lobster, setelah ada wisatawan yang tertarik lalu menjadi destinasi wisata," katanya.

Dia mengatakan tidak hanya pengunjung dalam negeri, namun dari luar negeri umumnya dari Malaysia, Korea maupun Singapura. Biaya melintas gondola, untuk wisatawan lokal, tiket sebesar Rp150.000, sementara untuk wisatawan asing sebesar Rp200.000.?

Wasiman mengatakan sekali berangkat Gondola bisa digunakan untuk dua orang, dan memiliki panjang lintasan 100 meter ditarik menggunakan tenaga manusia. Pengunjung akan disuguhkan pengalaman melihat ombak pantai selatan.

"Kami melakukan perawatan rutin untuk keamanan para wisatawan,tali tambang yang kami gunakan selalu kami ganti," katanya.

Dia mengatakan setiap akhir pekan selalu banyak dikunjungi wisatawan. "Akhir pekan selalu dikunjungi wisatawan, baik dalam negri maupun luar negeri," katanya.

Sementara wisatawan asal Malaysia Mark mengatakan dirinya sempat takut karena gondola hanya ditarik manusia. Namun pengalaman menggunakan gondola ini bisa menjadi pengalaman berharga saat berkunjung ke Indonesia.
"Di Malaysia tidak ada obyek wisata serupa, wisata ini memang patut dicoba bagi mereka para traveler," katanya.

Namun dia berharap jalan masuk ke Pantai Timang diperbaiki sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisata. "Semoga bisa diperbaiki, supaya mudah ketika nak berwisata," katanya.
KR-STR

Editor: Nusarina Yuliastuti

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga