Siswa MTs rayakan kelulusan dengan tanam pohon

id tanam

Siswa MTs rayakan kelulusan dengan tanam pohon

ilustrasi (Foto Antara/Hery Sidik)

Sleman (Antara Jogja) - Siswa-siswi MTs Negeri 2 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, merayakan kelulusan sekolah dengan aksi sosial peduli lingkungan berupa penanaman pohon mangga di halaman sekolah setempat, Senin.

"Aksi menanam pohon ini sebagai wujud syukur siswa-siswi yang berhasil lulus sekolah. Ajang kelulusan menjadi momen spesial bagi mereka untuk menjaga kelestarian alam dengan menanam bibit pohon mangga bersama," kata Kepala Sekolah MTs Negeri 2 Sleman Hadirin.

Menurut dia. tanam pohon bersama tersebut dilakukan 157 wisudawan/wisudawati yang dikemas dalam acara "Lulus Menanam".

"Kegiatan ini selain menjaga kelestarian alam juga untuk mengajarkan siswa beramal jariyah. Tanam pohon ini merupakan cara kami mengajarkan siswa berakhlak yang baik, daripada mereka melakukan corat-coret yang tidak bermanfaat kami mengajak mereka melakukan amal jariyah dengan tanam pohon. Pohon dapat memproduksi oksigen dan menyimpan cadangan air sehingga bermanfaat bagi banyak orang," katanya.

Ia mengatakan, bibit pohon manga tersebut merupakan bantuan Dinas Lingkungan Hidup dan Kementerian Agama Kabupaten Sleman.

"Hanya beberapa pohon saja yang ditanam di sekolah dan sisanya dibawa siswa pulang untuk ditanam di lingkungan sekitarnya. Karena keterbatasan lahan kami meminta siswa membawa pohon tersebut pulang dan dibebaskan untuk menanamnya dilahan yang memungkinkan," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo dalam sambutan yang diwakili Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Kabupaten Sleman Arif Haryono mengapresiasi inovasi kegiatan positif tersebut.

"Daripada merayakan kelulusan dengan hura-hura, corat-coret dan konvoi yang meresahkan pengguna jalan serta dapat memicu konflik, tentu akan akan lebih bermanfaat jika kelulusan disyukuri dengan menanam pohon karena mendukung keberlangsungan ekosistem," katanya.

Ia mengatakan, pada 2017 ada sebanyak lima ribu lebih siswa SMA/MA dan 14 ribu ebih siswa SMP/MTs di Sleman yang lulus.

"Bila kegiatan `Lulus Menanam` dapat dilaksanakan semua siswa yang lulus tahun ini setidaknya ada 19 ribu pohon menghijaukan Sleman. Pohon yang ditanam ini akan menjadi bagian dari sejarah hidup siswa-siswi yang lulus dan menjadi kenangan positif di masa mendatang," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024