DPK Sleman gelar lomba diskripsi arsip foto

id Sleman

DPK Sleman gelar lomba diskripsi arsip foto

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan lomba diskripsi arsip foto khusus pelajar SMP, Selasa.

"Arsip memiliki nilai informasi yang berharga, tidak terkecuali foto yang termasuk dalam salah satu kategori arsip audio visual berupa gambar statik," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi.

Menurut dia, foto mampu memvisualisasikan kegiatan atau peristiwa dengan lebih konkret, realistis, dan akurat.

"Lomba ini kami selenggarakan untuk menumbuhkan kepedulian generasi muda dalam pengenalan dan peningkatan pemahaman terhadap pengelolaan arsip," katanya.

Ia mengatakan, lomba ini diselenggarakan karena pencataatan semua informasi melalui caption foto sangat penting.

"Foto perlu diberikan deskripsi, apabila tidak dideskripsikan dikhawatirkan akan kehilangan informasi berharga dari momen foto tersebut," katanya.

Ayu mengatakan, lomba yang diikuti 105 orang peserta dari siswa-siswi 24 SMP/MTs sederajat se-Kabupaten Sleman tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap pengelolaan kearsipan bagi generasi muda.

"Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat khususnya generasi muda lebih mengenal dan peduli terhadap arsip foto," katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sumadi dalam kesempatan tersebut mengatakan, arsip adalah aset yang tidak ternilai. Banyak dari orang sukses di dunia ini disamping gemar membaca juga melakukan kegiatan kearsipan dokumen secara disiplin.

"Melalui lomba diskripsi arsip foto ini, kami berharap akan semakin tinggi minat para peserta lomba dan masyarakat untuk melakukan kegiatan kearsipan secara baik mulai sekarang.

"Salah satu contohnya dengan menyimpan, merawat dengan sebaik-baiknya arsip foto sebagai salah satu dokumen yang disertai dengan caption sehingga dapat menjelaskan tentang peristiwa yang digambarkan dalam foto," katanya.

Dalam lomba tersebut Juara I diraih Putri Widaningrum (SMPN 3 Sleman), juara II Abraham Raditya (SMPN 1 Pakem), juara III Natania Regina (SMPN 1 Kalasan), juara harapan I Rahmad Eri Setiyawan (SMPN 3 Berbah), juara harapan II Nasdiva Najwa Sausana (SMPN 4 Ngaglik), juara harapan III Yasmina Putri Andrian (SMPN 2 Tempel).

Selain meraih trophy, juara I hingga harapan III meraih uang pembinaan Rp2 juta, Rp1,75 juta, Rp1,5 juta, Rp1,25 juta, Rp1 juta, dan terakhir mendapat Rp750 ribu.

Selain juara tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman juga memberikan enam juara favorit yang masing-masing mendapatkan uang pembinaan Rp200 ribu atas nama Sekar Salma Aliya (SMP Muhammadiyah Prambanan), Putra Priambada (SMPN 2 Mlati), Puan Biru Aninda (SMPN 1 Depok), Nadia Zahrani (SMPN 2 Mlati), Silva Viona (SMPN 5 Sleman), Salma Dewi Puspitasari (SMPN 3 Godean).***4***

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024