Bupati-Wakil Bupati Kulon Progo tinjau Bukit Cendana

id kulon Progo

Bupati-Wakil Bupati Kulon Progo tinjau Bukit Cendana

Kabupaten Kulon Progo (Foto Istimewa)

Kulon Progo (Antara) - Bupati-Wakil Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Hasto Wardoyo-Sutedjo meninjau lokasi wisata baru di Kecamatan Kokap yaitu Bukit Cendana pada hari pertama mereka bekerja setelah dilantik pada Senin (22/5).

Ketua Pengelola Objek Wisata Bukit Cendana Teguh Handar Santosa di Kulon Progo, Selasa, mengatakan bahwa tempat wisata ini merupakan destinasi wisata baru yang dibuka sejak 5 bulan lalu, tetapi baru diresmikan saat ini oleh Wakil Bupati terpilih Masa Jabatan 2017-2022 Sutedjo.

"Pesona wisata alam Bukit Cendana menawarkan panorama alam yang berpadu dengan landscape Waduk Sermo. Wisata ini hadir dengan konsep spot foto gardu pandang, dengan udara yang sejuk, suguhan alamnya yang hijau serta lokasinya yang masih sepi," kata Teguh dalam Peresmian Destinasi Wisata Bukit Cendana ini ditandai dengan Penanaman Pohon oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo didampingi Camat Kokap dan Tim BBGRM dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Ia mengatakan bahwa wisata alam ini dinamai Cendana karena di bukit ini bisa dijumpai banyak pohon cendana yang tergolong langka. Secara lengkap Bukit Cendana menyuguhkan wisata alam, wisata budaya, dan wisata edukatif serta wisata religi.

"Kami optimistis Bukit Cendana akan banyak dikunjungi wisatawan. Kami akan mengelola secara profesional supaya dapat menggerakan ekonomi masyarakat," harapnya.

Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo mengapresiasi upaya generasi muda setempat untuk memajukan wilayahnya dengan membuka objek wisata baru yang menjanjikan ini.

"Saya sangat salut dengan kegiatan dan pengembangan objek wisata ini, karena momentum ini sangat tepat dengan adanya pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta yang baru nanti, karena Kulon Progo bagian barat akan menjadi wilayah yang ramai apalagi dengan rencana akan dibangunnya jalan yang menghubungkan antara Bandara dengan Candi Borobudur melalui Bedah Menoreh," kata Sutedjo.

Selanjutnya Tim BBGRM Kabupaten Kulon Progo mengunjungi rumah Samsudin yang dibangun dengan dana hasil dari Program Bedah Rumah.

Selanjutnya sebelum mengakhiri kunjungannya, bupati bersama wakil bupati Kulon Progo, meninjau kebun sayur-sayuran Kelompok Wanita Tani (KWT) Ngudi Rejeki di Desa Hargowilis, Kokap.

Pada kesempatan ini secara simbolis Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo menyerahkan bibit sayuran kepada siswa SD untuk ditanam dan dibudidayakan di zekolahannya, serta berkeliling mengunjungi lokasi tanaman sayur-sayuran bersama Wakil Bupati dan rombongan.

Kunjungan diakhiri di Rumah Kepala Desa Hargowilis, Sukardjo, dan dalam sambutannya Bupati Kulon Progo, mengatakan, bahwa kehadirannya merupakan kunjungan pertamanya setelah secara resmi dilantik pada hari Senin (22/5).

Hasto Wardoyo, mengatakan bahwa dana desa maupun anggaran lainnya, untuk pembangunan di Kecamatan Kokap yang terbagi dalam lima desa ini merupakan dana yang cukup besar dan harus dimanfaatkan untuk pembangunan hingga Desember 2017 nanti.

"Kami akan bekerja keras dalam upaya menurunkan angka kemiskinan dan terobosan serta inovasi dibidang lainnya melalui program 100 hari kerja pertama," katanya.

(KR-STR)