"Pasar Lebaran" Sleman tampilkan produk UMKM

id umkm

"Pasar Lebaran" Sleman tampilkan produk UMKM

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan "Pasar Lebaran" pada Senin (12/6) hingga Sabtu (17/6) yang antara lain menampilkan berbagai produk usaha mikro, kecil, dan menengah di daerah itu.

"`Pasar Lebaran` yang digelar di halaman Kantor Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman menampilkan produk-produk dari UMKM yang ada di Sleman," kata Kepala Disperindag Sleman Tri Endah Yitnani di Sleman, Jumat.

Dia menjelaskan "Pasar Lebaran" untuk mempromosikan dan membangun produk dari 62 UMKM binaan Disperindag Kabupaten Sleman kepada masyarakat Sleman.

"Dengan dikenalnya produk tersebut maka diharapkan masyarakat Sleman akan terus mempergunakan produk-produk lokal hasil usaha pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Sleman," katanya.

Selain ajang promosi produk lokal, "Pasar Lebaran" juga untuk membantu masyarakat Sleman dalam memenuhi berbagai kebutuhan menjelang Idul Fitri 1428 Hijriah dengan harga yang terjangkau.

"Dengan tema `Aku cinta produk Sleman yang kreatif dan inovatif`, `Pasar Lebaran` ini diharapkan akan mampu menggugah masyarakat untuk sadar menggunakan produk unggulan daerah sendiri, baik dalam pemenuhan kebutuhan pokok maupun kebutuhan penunjang Lebaran, seperti makanan, minuman, `fashion`, dan aksesoris," katanya.

Endah mengatakan selain memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan produk luar daerah, produk-produk hasil usaha pelaku UMKM Sleman juga kreatif dan inovatif.

"Bagi masyarakat umum tersedia juga sembako murah, antara lain beras, gula pasir, dan minyak goreng," katanya.

Ia mengatakan guna menarik pengunjung untuk datang, "Pasar Lebaran" akan menyediakan aneka kue kering, minuman, makanan siap pakai, batik, kerajinan, aksesoris dan akan hadir aneka produk unggulan dengan harga murah.

"`Pasar Lebaran` juga akan dimeriahkan penampilan kelompok kasidah, penampilan Band Polres Sleman, Band Bank Sleman, penampilan Band Cebongan, lomba `fashion show` untuk PNS, lomba menyanyi, dan organ tunggal," katanya.

Pembukaan "Pasar Lebaran" dilakukan pada Senin (12/6) oleh Bupati Sleman Sri Purnomo dan sekaligus akan diresmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Sleman.

"RKB Sleman adalah program yang diinisiasi BUMN dalam hal ini Bank BNI 46 bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan, yang siap untuk meningkatkan kualitas produk UMKM," katanya.

Ia mengatakan RKB Sleman adalah komitmen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten sleman dan BNI 46 sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi UMKM.

"RKB Sleman dibentuk sebagai wadah bagi para pelaku UMKM untuk belajar memecahkan masalah UMKM yang ada saat ini, misalnya masalah pemasaran, digitalisasi atau e-commerce, desain dan `branding` UMKM," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024