Lebaran 2017 - Gunung Kidul targetkan 250.000 wisatawan libur Lebaran

id wisatawan libur lebaran

Lebaran 2017 - Gunung Kidul targetkan 250.000 wisatawan libur Lebaran

Wisata alam perbukitan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul, 19/6 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mentargetkan 250.000 orang mengunjungi destinasi wisata yang ada di wilayah tersebut selama libur Lebaran 2017.

"Kami optimistis mencapai target bila melihat kunjungan setiap libur Lebaran. Hitungan libur lebaran dari 24 Juni sampai 1 Juli mendatang," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunung Kidul Saryanto di Gunung Kidul, Senin

Menurut dia, jika target kunjungan wisatawan di Gunung Kidul bisa tercapai maka akan ada pemasukan sebagai pendatan asli daerah yang nilainya cukup besar yaitu sekitar Rp2 miliar.

Sejumlah objek wisata yang akan menarik minat wisatawan di antaranya adalah kawasan pantai, serta destinasi lain yaitu Gua Pindul, Air Terjun Sri Getuk, Gua Kalisuci, dan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, Dispar sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Perhubungan dan kepolisian.

"Kami akan menambah personel untuk kebersihan, dan penarik retribusi agar tidak terjadi kepadatan," katanya.

Selain itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan pemerintah desa untuk mengantisipasi wisatawan tersesat dan penduduk tidak membuka jalur yang menyesatkan.

"Untuk masalah itu, kami sudah koordinasikan," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Gunung Kidul Syarif Armunanto memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi H-2 mendatang atau 24 Juni.

"Kami memperkirakan objek wisata dipadati wisatawan pada H+3," katanya. ***1***