Lebaran 2017 - Dishub Sleman siapkan tempat istirahat pemudik

id sleman

Lebaran 2017 - Dishub Sleman siapkan tempat istirahat pemudik

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa) (istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyediakan "rest area" atau tempat istirahat bagi pemudik Lebaran 2017 terutama yang mengendarai sepeda motor.

"Pemudik saat melewati Kabupaten Sleman melalui Jalan Solo dapat beristirahat di Jembatan Timbang Kalitirto, Kecamatan Berbah atau di Jalan Solo Kilometer 11 dan di Jembatan Timbang Tamanmartani, Kalasan," kata Kepala Dinas Perhubungan, Kabupaten Sleman Mardiyanta, Rabu.

Menurut dia, pihaknya sengaja menyiapkan tempat istirahat bagi pemudik sepeda motor agar mereka dapat beristirahat dengan nyaman sehingga dapat mengurangi kelelahan yang dapat berisiko terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Bila mereka lelah, sangat berbahaya untuk melanjutkan perjalanan. Kami menyediakan tempat istirahat, di tempat tersebut kami juga akan menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain," katanya.

Ia mengatakan, walaupun sudah diimbau agar tidak mudik menggunakan sepeda motor, namun diperkirakan pemudik yang menggunakan sepeda motor pada Lebaran tahun ini tetap banyak seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Sebenarnya mudik menggunakan sepeda motor juga aman-aman saja sepanjang mereka mematuhi peraturan yang ada. Tapi, pada kenyataannya para pemudik ini banyak yang melanggar peraturan seperti mengendarai sepeda motor dengan penumpang lebih dari dua orang, sampai mengangkut sedemikian banyak barang dan membahayakan keseimbangan pengendara," katanya.

Mardiyanta mengatakan, pihaknya berusaha semaksimal mungkin membantu para pemudik bermotor, setidaknya dengan memberikan kenyamanan saat mereka melewati kabupaten ini.

"Tujuan kami adalah memberikan pelayanan dan menciptakan keamanan dan keselamatan bagi para pemudik yang masuk ke wilayah Sleman, kami harapkan pemudik sepeda motor yang merasa lelah atau mengantuk dapat beristirahat dan memanfaatkan tempat yang sudah kami sediakan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga terus melakukan monitoring lampu penerangan jalan umum (LPJU) di seluruh ruas jalan di Kabupaten Sleman.

"Selain itu pada libur Lebaran kami juga melakukan pengawasan dan pengendalian lalu lintas di tempat wisata seperti Kaliurang, Pakem, lereng Gunung Merapi di Cangkringan, Monumen Jogja Kembali dan Candi Prambanan dan sekitarnya," katanya.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024