Bantul optimalkan petugas kebersihan kawasan wisata

id petugas kebersihan

Bantul optimalkan petugas kebersihan kawasan wisata

Ilustrasi petugas kebersihan (Foto ANTARA)

Bantul (Antara) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengoptimalkan petugas kebersihan kawasan wisata untuk mewujudkan tempat wisata bersih dan nyaman selama libur Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kami optimalkan semua petugas kebersihan kawasan wisata yang kita miliki, bahkan mereka tidak mengambil libur selama musim libur Lebaran 2017," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Kamis.

Menurut dia, ada puluhan petugas kebersihan sampah wisata yang dikoordinir instansinya, mereka tersebar di beberapa objek wisata terutama pantai selatan mulai dari Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Gua Cemara dan Pantai Baru.

Meski mengoptimalkan petugas kebersihan sampah kawasan wisata, namun kata dia, Dinas Pariwisata juga mengharapkan pengelola kawasan wisata dapat mengelola sampah dengan baik agar terwujud kawasan wisata yang nyaman dikunjungi wisatawan.

"Kami secara rutin juga melakukan sosialisasi penanganan sampah kepada para pengelola tempat wisata serta melakukan pembinaan kepada tenaga kebersihan di objek objek wisata," katanya.

Sementara itu, kata dia, selama libur Lebaran nanti diprediksi semua objek wisata di Bantul terutama pantai selatan akan dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, bahkan tingkat kunjungan mengalami lonjakan signifikan dibanding sebelumnya.

"Dalam menghadapi lonjakan kunjungan wisatawan selama libur Lebaran kita telah mempersiapkan dengan melakukan pembangunan dan renovasi sarana dan prasarana di beberapa lokasi wisata," katanya.

Sedangkan untuk menambah semarak di objek wisata, kata dia, Dinas Pariwisata menampilkan atraksi wisata dan pentas kesenian dengan melibatkan masyarakat setempat di beberapa objek wisata agar dapat menghibur wisatawan.

"Pada waktu tertentu di beberapa objek wisata selama liburan akan diisi dengan pentas seni yang diharapkan semakin menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan," katanya.

(KR-HRI)