Jumlah penumpang Terminal Jombor mulai meningkat

id Jombor

Jumlah penumpang Terminal Jombor mulai meningkat

Terminal Jombor (Foto Antara/Ahmad Makhin)

Yogyakarta (Antara) - Jumlah penumpang bus di Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, mulai mengalami lonjakan 30-40 persen dibandingkan dengan hari biasa, pada H-3 Lebaran 2017, kata ketua Paguyuban Agen dan Perwakilan Bus Malam Terminal Jombor Sony Kurniawan.

"Kalau biasanya bus malam hanya terisi separuh, mulai hari ini bisa terisi penuh," kata Sony saat ditemui di Terminal Jombor, Yogyakarta, Kamis.

Sony mengatakan lonjakan jumlah penumpang yang berangkat paling dominan untuk tujuan Sumatera, disusul tujuan Semarang, sedangkan penumpang yang tiba mayoritas dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Di sini memang yang paling banyak Sumatera. Untuk keberangkatan tujuan Jabodetabek akan melonjak saat arus balik," kata dia.

Kendati jumlah penumpang mulai meningkat, menurut dia, jumlah armada bus yang ada saat ini masih mencukupi sehingga belum memerlukan bus cadangan.

Sony memperkirakan jumlah penumpang bus pada Lebaran tahun ini tidak akan ada masa puncak seperti tahun-tahun sebelumnya sebab banyak penumpang yang beralih menggunakan moda transportasi lain, seperti kereta api atau pesawat.

"Ditambah dengan semakin banyaknya jumlah penyelenggaraan program mudik gratis oleh instansi pemerintah atau swasta," kata dia

Petugas Pos Retribusi Terminal Jombor Badrul Samsu mengatakan jumlah penumpang yang datang maupun berangkat di terminal Jombor mulai meningkat menjelang sore hari.

"Kalau pagi sampai menjelang siang masih lengang seperti hari-hari normal," kata Badrul.

Badrul mengatakan mengacu data monitoring angkutan Lebaran 2017 di Terminal Jombor oleh Dinas Perhunungan DIY, pada H-4 atau Rabu (21/6) jumlah penumpang yang naik dan turun di terminal itu mencapai 3.985 orang atau naik 4 persen jika dibandingkan H-4 Lebaran 2016.

Untuk jumlah bus yang masuk di terminal itu mencapai 483 unit, meningkat 17 persen dibandingkan dengan H-4 Lebaran 2016 yang jumlah busnya mencapai 410 unit.

Pada Lebaran 2016 puncak arus mudik di Terminal Jombor, menurut dia, terjadi pada H-3 Lebaran dengan jumlah penumpang mencapai 4.330 orang.

(L007)