Lebaran 2017 - Bupati Bantul pastikan kesiapan pemda hadapi lebaran

id bupati bantul

Lebaran 2017 - Bupati Bantul pastikan kesiapan pemda hadapi lebaran

Bupati Bantul, Suharsono (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Bupati Bantul Suharsono telah memastikan kesiapan pemerintah daerah, baik aparat maupun fasilitasnya, untuk menghadapi Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan dan kelancaran masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 1438 Hijriah telah dipersiapkan oleh pemerintah daerah," kata Bupati Bantul Suharsono di Bantul, Jumat.

Dia menjelaskan fasilitas mulai dari ketersediaan infrastruktur fisik jalan kabupaten, ketersediaan kebutuhan bahan pokok, dan kesiapan fasilitas kesehatan, serta dari sisi keamanan sudah siap menghadapi Lebaran 2017.

Ia mengatakan pemantapan menghadapi Lebaran 2017 yang dihadiri sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) teknis di lingkungan Pemda Bantul sudah dilakukan, mengingat perayaan Lebaran setiap tahun.

"Pemda tetap waspada dan tidak ingin mengambil risiko apapun sekecil apapun, karena yang diinginkan adalah pelayanan kepada masyarakat sebaik mungkin, komprehensif, dan optimal," katanya.

Bupati Suharsono mengatakan dalam menghadapi libur Lebaran, semua OPD terkait sudah melakukan rapat koordinasi untuk mempersiapkan secara matang dan bersinergi.

"Kami harap nanti masyarakat benar-benar merayakan momen Lebaran ini dengan rasa aman dan nyaman," katanya.

Terkait dengan stabilitas kebutuhan pokok strategis di pasaran, pihaknya sudah menginstruksikan Dinas Perdagangan secara rutin melakukan pemantauan harga di pasar-pasar tradisional.

"Pemda siap bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Koperasi DIY, Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia dan distributor minyak Fortune DIY dalam melakukan operasi pasar murah dibekali, " katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanto Hadi menambahkan secara khusus instansinya juga membuka pos bahan pokok murah di Gudang Niten Jalan Bantul dan kawasan Pasar Seni Gabusan Jalan Parangtritis.

"Kemudian untuk menjamin ketersediaan elpiji tiga kilogram pemda telah melakukan penertiban distribusi elpiji tiga kilogram di pasar dan pangkalan," katanya.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024