Lebaran 2017 - 20.000 penumpang diperkirakan padati Terminal Giwangan

id terminal giwangan

Lebaran 2017 - 20.000 penumpang diperkirakan padati Terminal Giwangan

Suasana di terminal giwangan Yogyakarta (Foto Antara/Eka Arifa R)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Sekitar 20.000 penumpang diperkirakan akan memadati Terminal Giwangan, Yogyakarta, Jumat, sekaligus menjadi puncak kedatangan penumpang pada masa arus mudik Lebaran 2017.

"Dari kecenderungan jumlah penumpang yang tiba di Giwangan dalam beberapa hari terakhir, diperkirakan pada hari ini akan ada sekitar 20.000 penumpang yang datang," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Bekti, kenaikan jumlah penumpang yang datang di Terminal Giwangan Yogyakarta sudah terjadi sejak Minggu (18/6). Jumlah penumpang yang datang naik hampir dua kali lipat dibanding jumlah penumpang pada hari biasa yaitu mencapai 11.000 penumpang.

"Sejak saat itu, jumlah penumpang yang datang di Terminal Giwangan terus mengalami kenaikan meskipun masih fluktuatif, dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Jumat (23/6)," katanya.

Pada Kamis (22/6), total jumlah penumpang yang datang di Terminal Giwangan Yogyakarta baik menggunakan bus antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP) tercatat sebanyak 17.371 dan jumlah penumpang yang diberangkatkan 16.906 orang.

"Sudah ada bus cadangan yang masuk ke Terminal Giwangan, didominasi bus dari Jakarta sebanyak 116 armada. Termasuk armada yang membawa peserta mudik gratis," katanya.

Sedangkan untuk sepeda motor pemudik yang mengikuti mudik gratis, lanjut Bekti, semuanya sudah sampai di Terminal Giwangan. Sepeda motor dibawa sembilan truk dengan jumlah total 328 sepeda motor dari kuota 393 sepeda motor.

Sementara itu, jumlah penumpang yang diberangkatkan dari sejumlah stasiun di wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta pada Kamis (22/6) tercatat sebanyak 15.010 penumpang baik penumpang kereta ekonomi, bisnis dan eksekutif jarak jauh.

Jumlah penumpang tersebut mengaami kenaikan hingga 38 persen dibanding volume penumpang yang naik kereta pada periode yang sama tahun lalu, yaitu sebanyak 10.850 penumpang.

Sedangkan jumlah total penumpang yang menggunakan kereta api jarak jauh, terhitung sejak Kamis (15/6) hingga saat ini tercatat sebanyak 96.230 orang atau mengalami kenaikan 24 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yaitu 77.833 orang.

Selain penumpang, PT KAI juga memberikan layanan angkutan motor gratis. Hingga saat ini, total jumlah sepeda motor yang diturunkan di Daerah Operasi VI Yogyakarta tercatat sebanyak 1.037 sepeda motor.

"Sedangkan pelayanan angkutan motor gratis untuk arus balik Lebaran akan dilakukan mulai 29 Juni hingga 5 Juli," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto. ***1***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024