Pokdarwis Kulon Progo gelar "Tanjung Adikarto Fair"

id kulon Progo

Pokdarwis Kulon Progo gelar "Tanjung Adikarto Fair"

Kabupaten Kulon Progo (Foto Istimewa)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Kelompok Sadar Wisata Adikarto Manunggal Desa Karangwuni, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar "Tanjung Adikarto Fair 2017" yang berlangsung 24 Juni hingga 1 Juli 2017.

Sekretaris Pokdarwis Adikarto Manunggal Karwa Kabupaten Kulon Progo Azis Purwanto di Kulon Progo, Jumat, mengatakan kegiatan itu diselenggarakan atas dukungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY dalam upaya mengoptimalkan Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto agar bisa bermanfaat dan bisa memberdayakan masyarakat sekitar, terutama yang dahulu lahannya untuk membangun pelabuhan.

"Jadi sebelum pelabuhan beroperasi bisa bermanfaat dan bisa memberdayakan masyarakat, dan harapanya ke depan pelabuhan ini selain jadi pelabuhan perikanan juga bisa jadi pelabuhan wisata perikanan," katanya.

Ia mengatakan rangkaian "Tanjung Adikarto Fair" diawali dengan takbir keliling dari Masjid Nurul Huda Karangwuni berakhir di kompleks pelabuhan.

Kegiatan dilanjutkan dengan gema takbir disertai pesta kembang api serta penerbangan sekitar 500 lampion.

Berbagai agenda lainnya, berupa pasar malam mulai Senin (26/6), pentas seni jatilan pada Selasa (27/6), pentas seni angguk Rabu (28/6), pentas organ tunggal Kamis (29/6), parade band pada Sabtu (1/7) serta malam harinya festival malam lampion (Night Sky Lantern Festival) menerbangkan 1.500 lampion terbang.

"Untuk acara takbir, pokdarwis menyiapkan 500 lampion dan untuk yang festival malam lampion disiapkan 1.500 lampion. Pengunjung juga bisa ikut menerbangkan dengan memesan kepada panitia terlebih dulu. Ada juga perahu wisata dan kereta wisata keliling kolam pelabuhan," katanya.

Ia mengatakan kegiatan itu sekaligus momentum mengembangkan Pantai Karangwuni agar bisa menjadi destinasi wisata. Dengan dibukanya Pelabuhan Tanjung Adikarto diharapkan meramaikan Pantai Karangwuni.

Dalam waktu dekat, pokdarwis itu juga menggelar kegiatan tahunan berupa lomba mancing Kadipaten Pakualaman Cup. Selain itu, among tani dagang layar yang diprakarsai Dinas Kelautan dan Perikanan DIY dengan harapan meningkatkan wisata bahari.

"Kami punya rencana mengembangkan Pantai Karangwuni dan ekonomi kreatif bagi masyarakat Karangwuni khususnya. Dan untuk retribusi sudah dipayungi dengan peraturan desa," katanya.

Salah satu warga Karangwuni, Tri Angga, mendukung "Tanjung Adikarto Fair" karena akan menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar pelabuhan dan menjadi rintisan terwujudnya wisata bahari di Kulon Progo.

"Pelabuhan ini dibangun dengan dana raturan miliar, dari pada mangkrak, lebih baik dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan ekonomi kreatif," katanya. ***1***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024