Lebaran 2017 - Pedagang diminta tidak berjualan di luar pasar

id pedagang

Lebaran 2017 - Pedagang diminta tidak berjualan di luar pasar

ilustrasi (www.gedoor.com)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat kesadaran pedagang di sejumlah pasar tradisional untuk berjualan di dalam areal pasar cukup tinggi sehingga tidak mengakibatan pasar tumpah yang dapat menganggu kelancaran arus lalu lintas maupun ketertiban bersama.

"Pasar tumpah yang diprediksi sebelumnya terjadi di beberapa pasar di Kabupaten Sleman ternyata tidak terjadi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Sleman Tri Endah Yitnani seusai melakukan pemantauan pasar tumpah di beberapa pasar tradisinal, Sabtu.

Menurut dia, operasi pasar tumpah tersebut menyasar beberapa pasar antara lain Pasar Prambanan, Pasar Godean, Pasat Tempel, Pasar Kebon Agung, dan pasar lainnya yang melibatkan beberapa instansi dan komunitas tersebut antara lain Satpol PP, Linmas, Dinas Perhubungan dan Paksi Katon.

"Beberapa pasar memang ada pedagang yang berjualan di tepi jalan, namun tidak sampai menimbulkan kemacetan. Hal tersebut karena kesadaran pedagang atas pembinaan yang dilakukan Dinas Perindag yang terus dilakukan," katanya.

Ia mengatakan, selain itu karena di setiap pasar yang diprediksi akan menimbulkan kemacetan ada pos pengamanannya yang? dengan bebarapa personel baik dari Dinas Perindag, Dishub maupun dari Paksi Katon yang cukup punya andil besar menertibkan pedagang di luar pasar.

"Beberapa pasar yang diprediksi akan menimbulkan kemacetan tersebut Pasar Prambanan, Pasar Godean, Pasar Gamping, Pasar Tempel, Pasar Pakem, Pasar Balangan, Pasar Gentan, Pasar Kejambon, Pasar Turi, Pasar Cebongan, Pasar Jangkang," katanya.

Tri Endah mengatakan, posko di beberapa pasar tersebut akan tetap dibuka sampai dimungkinkan tidak terjadi kemacetan.

"Para petugas di posko ini akan terus melakukan pemantauan dan imbauan secara persuasif kepada pedagang agar tidak berjualan di luar pasar," katanya.V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024