Lebaran 2017 - Dinkes Bantul menyiagakan 438 petugas kesehatan

id Bantul

Lebaran 2017 - Dinkes Bantul menyiagakan 438 petugas kesehatan

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiagakan sebanyak 438 petugas kesehatan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan masyarakat selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kami menyiapkan petugas kesehatan 438 personel baik yang ditempatkan di fasilitas kesehatan maupun posko kesehatan selama Lebaran," kata Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Bantul Bintarto di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, ratusan petugas kesehatan terdiri atas petugas medis, paramedis, dan sopir ambulans itu akan bersiaga selama 24 jam dengan sistem bergantian dalam tiga shift lengkap dengan sarana prasarana dan obat-obatan.

Ia mengatakan untuk fasilitas kesehatan yang disiapkan berjumlah 59 faskes yang terdiri atas rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), klinik kesehatan, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul.

"Sementara untuk RSUD Panembahan Senopati selama Idul Fitri 1438 Hijriah untuk pelayanan unit gawat darurat (UGD) tetap buka selama 24 jam," katanya.

Ia juga mengatakan, untuk pelayanan cuci darah dan kemoterapi tetap berjalan seperti biasa, bahkan dari RSUD juga akan mengirimkan petugas kesehatannya untuk melaksanan tugas jaga di posko kesehatan Lebaran.

"Pada Lebaran 2017 Dinkes Bantul mendirikan sembilan posko pelayanan kesehatan di tempat-tempat strategis di pinggir jalan raya dan tempat-tempat wisata pantai," katanya.

Sementara itu, kata dia, selama bulan Ramadhan 1438 H Dinkes Bantul juga telah melakukan pemantauan pangan di pasar tiban Ramadhan guna memastikan keamanan pangan dan layak konsumsi menyusul tingginya tingkat konsumsi masyarakat.

"Kemudian juga ke penjyak makanan di pinggir jalan serta melakukan pengawasan keamanan pangan di pasar tradisional dan toko-toko," katanya.***4***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024