Lebaran 2017 - Polres Gunung Kidul tutup jalur Kota Wonosari

id takbir

Lebaran 2017 - Polres Gunung Kidul tutup jalur Kota Wonosari

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul, 24/6 (Antara) - Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan penutupan jalur menuju Kota Wonosari untuk memberikan kesempatan masyarakat melaksanakan takbir keliling di seputaran titik nol.

Kasat Lantas Polres Gunung Kidul AKP Samiyono di Gunung Kidul, Sabtu, mengatakan seluruh jalur utama menuju Kota Wonosari ditutup total mulai pukul 18.30 WIB.

Penutupan jalan dilakukan di beberapa titik, meliputi simpang tiga Branang dari arah timur dilarang masuk dan diarahkan menuju ke selatan serta simpang tiga Jalan Baron tidak boleh ke barat. Sementara dari arah selatan simpang tiga kecamatan seluruh kendaraan tidak boleh masuk, dari arah barat pertigaan Kranon ditutup.

"Kami juga menyiapkan personel untuk menanggulangi kemacetan di beberapa titik," imbuhnya.

Dia mengatakan akan menerjunkan 12 petugas pengamanan dari Polres Gunung Kidul dibantu dari Dishubkominfo, TNI serta Satpol PP.

"Masyarakat diminta memahami jika perjalanan mereka tersendat karena melalui jalur Kota Wonosari," katanya.

Adapun jalur utama takbir keliling dimulai dari Masjid Al Ikhlas, menuju jeruk melewati bunderan di depan Kodim, kemudian melewati Jalan Sumarwi - Jalan Katamso hingga finish di Alun-Alun. "Nanti akan ada personel yang berjaga di titik tertentu," katanya.

Sementara pada saat salat Idul Fitri juga akan dilakukan penutupan kearah Alun-alun Kota Wonosari karena digunakan sebagai tempat salat.

Pelaksana tugas Kepala Kemenag setempat Mukhotib mengatakan pihaknya sudah memberikan imbuan terkait isi ceramah yang mengedepankan persatuan dan kesatuan bisa mempererat persaudaraan sesama warga. Untuk Salad Id di Alun-alun Wonosari, Imam/khatib Ichsan Nuruansah Bajuri.

"Kami sudah memberikan pengarahan agar dalam khotbah tidak berisi ujaran kebencian," katanya. ***4***

(U.KR-STR/C/I007/I007) 24-06-2017 19:14:49